Home / Auto / All New C-HR: “Crossover” Pujaan
All New C-HR melintas di kawasan Ancol, Kamis (3/5). Ist

All New C-HR: “Crossover” Pujaan

Jakarta, NextID – Setelah mendapat respon yang antusias saat dipamerkan pada ajang Indonesia Internasional Motor Show 2018 (IIMS 2018) pekan lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan kepada media untuk melakukan first impression produk terbarunya, All New C-HR di kawasan Ancol, Kamis (3/5).

Minat konsumen terhadap mobil pertama Toyota di segmen crossover ini tergolong tinggi seperti terlihat dari jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang mencapai 126 unit hingga 2 Mei 2018. Mobil seharga nyaris Rp 500 juta ini merupakan produk global Toyota yang dirancang untuk menjawab perkembangan perilaku konsumen otomotif ke depan yang semakin menginginkan kendaraan yang dapat mewakili hasrat dan emosional mereka.

“All New C-HR menawarkan kepuasan lebih kepada pelanggan sehingga mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat, seperti terlihat dari SPK saat pameran pekan lalu. Melalui kegiatan ini kami mengharapkan rekan-rekan media bisa merasakan kesan pertama dari All New C-HR,” kata Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, pada kesempatan yang berbeda.

Toyota C-HR lahir dari visi CEO Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda yang ingin agar mobil Toyota tidak hanya unggul dalam hal kepraktisan, tapi juga lebih menonjolkan kebutuhan emosional pelanggan sehingga mengemudi semakin menyenangkan atau fun-to-drive. Karena itulah, rancangan dan desain C-HR jauh berbeda dengan kebiasaan Toyota selama ini.

Tidak heran, ketika prototipe C-HR pertama kali ditampilkan di Paris Motor Show pada 2014, meskipun rancangannya mendapat decak kagum namun banyak pihak yang tidak yakin Toyota akan memproduksi mobil ini. Pasalnya, tampilannya jauh berbeda dimana desain dan rancangannya keluar dari garis Toyota yang selama ini.

Pada September 2015, Toyota kembali menghadirkan Toyota C-HR Concept pada Frankfurt Motor Show dan pada Maret 2016 mobil ini tampil dalam bentuk final concept design di Geneva Motor Show untuk kemudian masuk ke pasar komersial.

Mobil Individu
Seperti digambarkan oleh Chief Engineer Toyota C-HR Hiroyuki Koba, mobil ini dirancang fokus untuk individu yang tidak hanya mengedepankan kepraktisan, tapi juga mereka yang melihat kendaraan sebagai nilai dari kepribadiannya.

“Mobil ini dirancang untuk individu yang penuh semangat dan mengedepankan kualitas. Untuk mereka yang menginginkan kendaraan yang bisa mengikuti kebutuhan mereka dalam setiap kesibukan derasnya arus lalu lintas,” kata Hiroyuki Koba.

Sebagai penggemar sekaligus memiliki pengalaman di bidang olahraga otomotif, dalam rancangannya Koba menggabungkan sensasi dunia balapan dengan kenyamanan untuk kendaraan sehari-hari. Tim pengembangan C-HR sadar, segmen pasar ini sudah sesak, Untuk itu Koba-san dan tim mengambil pendekatan yang berbeda yaitu mereka fokus pada target pasar yang dibidik.

Inilah yang kemudian melahirkan konsep “Sensual Speed Cross”, yang diterapkan pada All New C-HR, melayani ekspektasi konsumen Toyota terhadap kendaraan crossover. Sensual, tertuang dalam desain secara keseluruhan, sedangkan Speed, hadir dalam performa dan kelincahan berkendara. Cross yang merupakan singkatan crossover yang berarti paduan dari dua jenis kendaraan untuk memberikan hasil terbaik, yang sekaligus menjelaskan istilah C-HR berasal dari Compact High Rider.

Dari konsep tersebut, All New C-HR lahir dengan dimensi yang compact namun tetap memberikan ruang yang lapang. Mobil ini mampu menawarkan kelincahan dan ketangkasan sebagai kendaraan untuk sehari-hari.

Konsep Sensual Speed Cross ini sejalan dengan tagline yang diusung untuk pasar Indonesia – “Against Stereotype,” artinya kendaraan ini berada pada segmen yang berbeda, dan tampilannya tidak akan sama dengan yang sudah ada, serta berani melepas diri dari sebuah comfort zone. Mereka yang memilih All New C-HR pun tidak ingin sama dengan kebanyakan, memiliki gaya yang berbeda dengan mengendarai kendaraan yang unik, dan memberikan kesenangan berkendara yang berbeda pula.

Desain bodi mengambil bentuk berlian memberikan kesan yang kokoh serta menghadirkan karakter dinamis demi meraih pengendaraan yang enerjik. Tidak hanya kokoh, struktur bodi kendaraan juga didesain untuk mengurangi tingkat kebisingan di kabin. Menggunakan suspensi belakang yang unik, yaitu sistem Double Wishbone, membuat mobil ini semakin menyenangkan, lebih terkontrol dan tetap nyaman. Semua itu membuat C-HR mempunyai driving performanceyang lebih baik pada unsur drivability, handling stability, body vibration, riding comfort, brake performance.

Sementara itu, konsep desain interior yang diusung oleh Koba-san adalah “Sensual-Tech”, penggabungan kabin yang fungsional dengan fitur yang berlimpah serta desain ergonomis demi kenyamanan pengendara dan penumpang. Desain nuansa berlian yang menjadi basis desain eksterior juga diterapkan di kabin. Tidak hanya pada steering switch, namun terdapat juga pada tombol AC di konsol tengah, sehingga menciptakan harmonisasi antara desain eksterior dan interior.

Keindahan dan kewibawaan menyatu di All New C-HR. Percaya?
Keindahan dan kewibawaan menyatu di All New C-HR. Percaya?

Untuk menciptakan nuansa yang mewah pada kabin, pemilihan warna black dan licorice brown merupakan paduan yang tepat. Diimbangi dengan black natural leather seat yang memeluk tubuh dengan erat, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Tuas transmisi pun memiliki desain yang berbeda dari Toyota pada umumnya, ditemani dengan tombol parking brake/auto break hold. Audio System pada All New C-HR menggunakan headunit 7” yang dapat berintegrasi dengan smartphone untuk kemudahan konektivitas melalui Bluetooth, USB atau AUX-in, serta mampu memutar CD dan DVD dengan tampilan yang modern.

Mesin 2ZR-FBE
Untuk memberikan kenikmatan berkendara, All New C-HR dilengkapi dengan mesin 2ZR-FBE 1.798 cc berteknologiDual VVT-i yang tidak hanya memberikan performa memadai namun sekaligus menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal. Untuk menyalurkan tenaga ke roda, C-HR dilengkapi dengan transmisi CVT 7- speed.

Toyota C-HR juga memiliki piranti keselamatan yang lengkap untuk memberikan peace of mind kepada pengemudi dan penumpang yaitu diantaranya impact absorbing structure, 7 SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Traction Control, Rear-Cross Traffic Alert, Blind-Spot Monitor. Tidak lupa, All New C-HR pun dihiasi dengan Welcome Light di spion kanan-kiri yang membentuk logo C-HR.
Toyota C-HR hadir dengan pilhan warna yang beragam, dengan pilihan warna Single Tone dan Two Tone.

Total warna yang ditawarkan ada 5 yaitu 3 Single-Tone (Metal Stream, White Pearl, Black Attitude) dan 2 Two-Tone (Blue Metallic with black roof, Red Mica Metallic with black roof).

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply