Tuesday , 22 June 2021
Home / Auto / Isuzu Indonesia Andalkan Giga dan Traga!
Isuzu Giga yang alami banyak penyempurnaan. Ist

Isuzu Indonesia Andalkan Giga dan Traga!

Jakarta, NextID – Isuzu Indonesia telah memperkenalkan 2 produk baru pada awal tahun 2018 ini, yaitu New Isuzu GIGA dan World Premier Isuzu Traga. Kedua produk ini diklaim sukses di segmennya. Isuzu GIGA telah diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2011. Selama 7 tahun sejak diluncurkan, mengalami kemajuan yang pesat yang telah menjadi bagian penting dalam bisnis komersial Indonesia seperti pada bidang infratruktur dan logistic.

Isuzu GIGA adalah medium truck pertama di Indonesia yang menggunakan mesin dengan technology heavy duty common rail. Isuzu Indonesia terus melakukan inovasi di mana tidak hanya mengandalkan kemajuan teknologi tetapi untuk memenuhi kebutuhan para pemain bisnis komersial

Mengapa mesin common rail ini menjadi penting? Seperti yag kita ketahui bersama peraturan pemerintah mengenai EURO 4 di Indonesia akan mulai dilakukan tahun ini untuk kendaraan bebahan bakar bensin, sedangkan untuk kendaraan diesel akan dilakukan pada tahun 2021. Hal ini sudah disahkan melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

“Kami senang mendengar hal mengenai EURO 4 karena memang kita harus sama-sama mendukung kemajuan negara Indonesia, bahkan negara- negara lain sudah melakukan itu seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke EURO 4 dan bahkan lebih. Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4, karena kami sudah memiliki engine yang mendukung EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu mesin common rail,” ujar Ernando Demily – Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Dalam penjelasannya, truk itu banyak mengalami ubahan yang semakin baik. Salah satunya mesin yang semula 240PS/72Kg.m menjadi 245PS/80Kg.m. Juga transmisi yang makin tangguh di tanjakan terjal. Sasispun baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atasnya, sehingga memudahkan customer membuat dan memasang aplikasi.

Selain itu braking system (pengereman), cabin suspension, seat suspension, wheel, wheel pin dan tire mengalami ubahan yang lebih safety dan sempurna. Temasuk juga trunion yang mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikannya lebih stabil.

Varian Giga
New Isuzu Giga memiliki varian sesuai kebutuhan konsumen, yakni FVR 34 P (N) (Medium Duty truck 4×2) yang sangat cocok untuk segment general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Dengan transmisi dengan firs gear ratio 9.010 dan torsi 80.5 kg.m membuat product ini sangan tangguh di medan menanjak, namun memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap effisien.

Ada juga FVM 34 U (N) atau Medium Duty truck 6×2 yang sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, courier, dan total logistic. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, membuat product ini besar ruang muatnya dan effisien penggunaan bahan bakarnya. Varian ini biasa dipakai untuk wing box, box, open cargo, dan aplikasi yang sedang hits saat ini yaitu refrigerator box.

Varian ketiga yaitu FVM 34 U HP 5.8 (N) yang diklaim sangat cocok untuk segment general transporter, total logistic, dan construction. Dengan tenaga 285 PS dan torsi 90 kg.m, varian ini mampu melewati berbagai variasi jalan, mulai dari jalan flat jarak jauh dan jalan pegunungan. Model ini biasa dipakai untuk wing box, box, open cargo, dan hi blow tank.

Varian terakhir yakni FVZ 34 N HP 6.1 (N) yang diklaim sangat cocok untuk segmen mining, construction, oil and gas, dan untuk memenuhi kebutuhan government (contoh untuk mobil pemadam kebakaran dan bak sampah). Aplikasi yang paling sering digunakan untuk product ini adalah dump.

Isuzu Traga dihadirkan untuk memberi alternatif kepada konsumen atas produk terbaik di segmennya.  Ist
Isuzu Traga dihadirkan untuk memberi alternatif kepada konsumen atas produk terbaik di segmennya. Ist

Traga
Bagaimana dengan Isuzu Traga? Pada bulan April lalu IAMI memperkenalkan Isuzu Traga, sebuah produk cab over Medium Pick Up yang dibangun di Indonesia. Isuzu Traga memiliki local content sebanyak 57,7% dan menggunakan mesin yang sudah terbukti tangguh, yaitu mesin Isuzu 4JA1-L dengan kapasitas 2.500cc Diesel Direct Injection.

Pesaing L300 ini diklaim IAMI sangat tepat digunakan sebagai alat pengangkutan umum seperti hasil perkebunan, material bangunan, juga maksimal bagi kebutuhan pengangkutan industri, jasa ekspedisi, katering mupun usaha lainnya.

Isuzu Traga memiliki banyak keunggulan dibanding kompetitornya, mulai dari bak terluas, mesin yang legendaris, cabin lebih modern, dan radius putar yang rendah.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply