Home / Auto / Forwot Ajak Jurnalis Kreatif dan Kritis
Para pembicara terdiri dari wartawan senior otomotif membagi ilmunya dan tips jitu. Ist

Forwot Ajak Jurnalis Kreatif dan Kritis

Sentul, NextID – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) pada 30 April 2018 lalu genap berusia 15 tahun. Perayaan HUT ke-15 FORWOT dirayakan di Aston Sentul Lake Resort, Bogor, Jawa Barat, 12-13 Mei 2018. Berbagai kegiatan positif dilangsungkan dengan mengusung tema “Memacu Kreativitas dan Memelihara Sikap Kritis Wartawan.” Salah satunya dengan menggelar workshop yang mendatangkan para pembicara dari penggiat sosial media, pelaku industri otomotif serta wartawan senior.

“Tema ini sengaja kami angkat dan kami rangkai dengan kegiatan diskusi menarik sebagai bekal teman-teman wartawan untuk bisa berkarya secara lebih kreatif dan tetap mempertahankan sikap kritisnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan industri otomotif di Tanah Air,” ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, Sabtu (12/5) di Aston Sentul.

Usai mendapatkan pelatihan, sebanyak kurang lebih 70 wartawan/jurnalis yang tergabung sebagai anggota FORWOT yang mengikuti kegiatan workshop langsung diajak mengaplikasikan ilmu tersebut melalui kompetisi foto, video dan karya tulis jurnalistik.

Selamatan di malam hari dengan meniup lilin kue ulang tahun.  Ist
Selamatan di malam hari dengan meniup lilin kue ulang tahun. Ist

Rangkaian puncak perayaan HUT ke-15 FORWOT berlanjut dengan menggelar malam ramah tamah yang dihadiri tamu undangan perwakilan pelaku industri otomotif, pengurus dan anggota, yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama.

Acara ini sendiri didukung oleh Suzuki, Mitsubishi Motors, DFSK Indonesia, Wuling Motors, Toyota, Isuzu, Daihatsu, Garda Oto, Pertamina Lubricants, Astra Honda Motor, Mobil88, Adira, GS Astra dan Konica Minolta.

“Harapan kami, FORWOT ke depan akan semakin memberi arti bagi perkembangan industri otomotif Indonesia dan mampu menjadi organisasi yang mampu mewadahi seluruh kepentingan anggota-anggotanya. Dan di tengah persaingan media yang juga kian ketat, FORWOT berusaha untuk tetap bisa menjaga ‘marwah’ sebagai kumpulan wartawan yang jujur, cerdas dan kritis,” tambah Zainal Abidin, Wakil Ketua Umum FORWOT.

Berbagi
Sudah menjadi tradisi dalam setiap perayaan hari jadi maupun kegiatan lainnya, FORWOT selalu menyelipkan kegiatan sosial berupa penyerahan donasi. Kali ini sebanyak empat unit laptop diserahkan kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang nantinya bakal diteruskan ke beberapa lembaga pendidikan.

Dijelaskan Danang Priyamboro selaku Ketua Pelaksana HUT ke-15 FORWOT, donasi ini sejalan dengan tema acara, yakni memacu kreativitas. “Siapapun nantinya penerima donasi tersebut, kiranya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengenal teknologi serta menjangkau informasi secara lebih luas lagi,” ujarnya.

Sebelumnya di perayaan hari jadi ke-12 (2015), FORWOT menyerahkan sejumlah kaki palsu kepada para penyandang cacat, disusul tahun berikutnya (2016) mendonasikan buku senilai Rp 20 juta ke 100 TK (Taman Kanak-Kanak) di bawah asuhan IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) kabupaten Bogor, serta sumbangan sepatu untuk anak anak sekolah di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, senilai Rp 10 juta.

Usai workshop, peserta dan para pembicara berfoto bersama.  Ist
Usai workshop, peserta dan para pembicara berfoto bersama. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply