Jakarta, NextID – Ditopang pertumbuhan pasar luxury MPV yang meningkat pesat, dua line up Toyota di segmen ini, yaitu Alphard dan Vellfire berhasil menunjukan kinerja yang mengesankan. Sepanjang 2017 lalu, secara bersama kedua flagship Toyota ini meraih angka penjualan 4.126 unit atau naik 41,45% dibandingkan tahun sebelumnya yang membukukan penjualan 2.917 unit.
Angka ini jauh di atas pertumbuhan penjualan segmen luxury MPV secara nasional sebesar 33,17%, sehingga pangsa pasar flagship ini naik menjadi 91,9% dibandingkan 2016 sebesar 86,5%.
“Untuk memberikan benefit yang lebih tinggi kepada pelanggan, maka kami secara resmi meluncurkan New Alphard dan New Vellfire dengan penampilan dan kenyamanan yang lebih advance,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, Kamis (1/3).
Secara resmi Alphard dan Vellfire masuk ke Indonesia pada tahun 2008. Dalam 10 tahun kehadirannya di pasar otomotif nasional, total penjualan mobil ini sudah mencapai 15.789 unit. Meski menempati segmen yang sama, Alphard dan Vellfire mempunyai karakter yang berbeda.
New Alphard didesain sebagai kendaraan luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan hightech. Melalui penyempurnaan desain, baik eksterior, interior New Alphard kini tampil semakin mewah dan menawan, sementara New Vellfire kian menampilkan gaya khasnya yang lebih berani.
Desainer Toyota telah melakukan sejumlah perubahan untuk lebih menyempurnakan penampilan, kenyamanan, dan fitur keselamatan pada Alphard dan Vellfire. Dengan disain baru, tampilannya kini terlihat semakin mewah. Perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel menjadikan New Alphard dan New Vellfire kian menarik perhatian.
Tampilan belakang, desain baru pada rear lamp dan door garnish semakin menonjolkan mobil ini sebagai kendaraan kelas atas. Dilengkapi desain baru pada alloy wheel dengan ukuran 18” menjadikan New Alphard dan New Vellfire kendaraan yang merepresentasikan penggunanya dari kelas atas.
Bagian kabin juga mengalami perubahan yang menarik. Tampilan odometer semakin memancarkan warna kemewahan dan advance, serta kursi yang dilapis kuat dengan captain seat. Untuk memberikan kenyamanan lebih, sandaran kursi kini menjadi fitur yang mampu menunjang tulang punggung (lumbar support) yang semakin baik.
Penggunaan ornamen kayu sebagai lambang mobil kelas atas kian kuat membuat kabin New Alphard dan New Vellfire kian berkelas. Untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan Hybrid, ornamennya di dominasi warna metal brown wood, sedangkan untuk interior New Alphard varian 3.5 Q di dominasi warna hitam dilengkapi dengan aksen brown olive ash brull woodgrain. Pada varian 2.5 G Vellfire, ornamennya menggunakan metal wood dengan dominasi warna hitam.
New Alphard dan New Vellfire kini dilengkapi dengan beberapa fitur yang menunjang kenyamanan pada saat berkendara, seperti Digital Rear View Mirror yang melengkapi kamera parkir yang sudah ada sebelumnya dengan tambahan angle pengelihatan pada saat parkir.
Khusus untuk varian 2.5 G, 3.5 Q, 2.5 G Vellfire, dan Hybrid mendapat fitur tambahan berupa Blind Spot Monitor yang berfungsi untuk semakin mempermudah pengemudi dengan menambah luas pandangan khususnya di bagian blind spot. Untuk mendukung kinerja konsumsi bahan bakar, khusus pada varian 3.5 Q, kini menggunakan teknologi auto idling terbaru.
Selain itu, untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada pelanggan, New Alphard dan New Vellfire menawarkan warna baru, yaitu Steel Blonde Metallic dan Graphite Metallic menggantikan warna pada model sebelumnya.
Khusus untuk varian Q, kini dilengkapi dengan mesin berteknologi V6 dengan VVT-i dan menggunakan transmisi baru, yaitu 8 AT. Selain hemat bahan bakar, teknologi ini juga semakin ramah lingkungan.
“Melalui berbagai peningkatan tersebut, baik eksterior, interior, fitur keselamatan, dan fitur berteknologi tinggi lainnya, kami optimis New Alphard dan New Vellfire akan memberikan kemewahan dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya yang sudah terbukti menjadi pilihan utama pelanggan segmen luxury MPV,” ujar Henry.