Home / Auto / TOYOTA GAZOO 2017 – Dua Pembalap TTI Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way
Dua pebalap TTI (baju putih) diapit manajemen. Ist

TOYOTA GAZOO 2017 – Dua Pembalap TTI Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

Tokyo, NextID – Semangat untuk senantiasa meraih hasil maksimal dalam menorehkan prestasi yang membanggakan di setiap ajang balap mobil kembali ditunjukkan pembalap Toyota Team Indonesia (TTI). Dua pembalap andalan TTI, Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo tampil menawan dan berhasil mencatatkan waktu terbaiknya pada babak kualifikasi ajang motorsport internasional TOYOTA GAZOO Racing 2017, di Fuji Speedway, Jepang yang babak finalnya akan berlangsung Minggu, 10 Desember 2017.

Alinka yang turun di kelas Gazoo Racing Netz Vitz Race dengan Toyota Vitz, atau di Indonesia juga dikenal sebagai Toyota Yaris sukses mencatatkan waktu 2 menit 17.234 detik dan berada di urutan ke-26 dari 54 peserta babak kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Sabtu (9/12). Sementara Haridarma Manoppo yang baru pertama kali tampil di ajang TOYOTA GAZOO Racing dan turun di kelas Toyota 86 Race berhasil menorehkan waktu 2 menit 5.678 detik menempati posisi ke 31 dari 35 peserta.

“Terima kasih atas semangat yang ditunjukkan oleh kedua pembalap andalan TTI ini. Kami berharap semoga mereka bisa terus menjaga semangat dan performanya untuk selalu menjadi yang terbaik sehingga bisa menorehkan prestasi yang membanggakan besok di babak final ajang motorsport internasional TOYOTA GAZOO Racing 2017,” kata Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, dalam kesempatan berbeda.

Pada siaan pers Sabtu (9/12) disebutkan, bagi TTI sendiri, ajang balap ini merupakan kali kedua yang diikuti oleh pembalapnya. Sebelumnya pada TOYOTA GAZOO RACING 2016 di sirkuit yang sama, Alinka yang baru pertama kali tampil di ajang balap tersebut dan merupakan pembalap wanita satu-satunya dari luar Jepang berhasil menunjukkan kehandalannya mengemudi di lintasan balap.

Meski memulai start di urutan ke-36, Alinka yang saat ini merupakan juara ketiga nasional di ajang Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 MAX berhasil melewati para pembalap pria lainnya dan finish di urutan ke-24. Catatan best lap yang diraihnya juga cukup bagus bagi seorang pembalap baru di ajang one make race Gazoo Racing kelas Netz Vitz Race TOYOTA GAZOO 2016 dengan waktu 2 menit 17 detik sehingga diharapkan pada babak final TOYOTA GAZOO 2017 Alinka bisa menorehkan prestasi yang lebih baik lagi.

Torehan prestasi yang sama juga diharapkan TTI dari Haridarma Manoppo yang turun di kelas Toyota 86 Race. Walau baru pertama kali turun di ajang TOYOTA GAZOO di 2017 ini, pengalamannya mengikuti berbagai ajang balap nasional dan internasional selama ini diharapkan mampu menaklukan sirkuit Fuji Speed Way dengan catatan waktu terbaiknya. Perannya sebagai advisor dari Alinka ketika mengikuti TOYOTA GAZOO 2016 juga diharapkan akan mendukung upaya juara nasional ITCC 2017 ini menjadi pembalap Indonesia yang diperhitungkan dalam ajang TOYOTA GAZOO 2017 kelas Toyota 86 Race.

“Kami memohon restu kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tim TTI kembali meraih prestasi terbaik di kejuaraan internasional, seperti ajang Toyota Gazoo Racing ini,” kata GM TTI Memet Djumhana.

Toyota Gazoo Racing adalah ajang one make race internasional, tempat pembalap Toyota dari berbagai negara menguji kemampuan mereka. Event yang diselenggarakan Toyota Cars Race Association ini diawali sesi latihan dan kualifikasi kemudian sesi racing. Alinka dan Haridarma juga mendapatkan kesempatan untuk latihan pada 5-8 Desember 2017 sekaligus mencoba dan mengenali lintasan balap Fuji Speed Way yang mereka gunakan saat babak kualifikasi, maupun sesi racing nantinya.

Keikutsertaan TTI pada ajang TOYOTA GAZOO 2017 merupakan salah satu wujud komitmen TAM dalam mengembangkan motorsport nasional agar bisa tampil dan berprestasi di ajang balap internasional. Kejuaraan motorsport bagi Toyota juga bagian dari pengembangan produk. Melalui keikutsertaan di ajang motorsport, teknisi Toyota akan selalu mendapat pengalaman baru untuk mendapatkan tuning top-notch kendaraan, yang kemudian diaplikasikan pada kendaraan yang diproduksi.

Karena itu, keikutsertaan TTI pada TOYOTA GAZOO 2017 tak hanya didukung oleh TAM tetapi juga oleh Toyota Racing Development (TRD) Indonesia. Melalui eksistensi TTI sebagai sebuah tim balap yang tanguh dan disegani, TRD Indonesia berupaya memajukan dunia otomotif Indonesia dengan menghadirkan mobil-mobil Toyota yang tak hanya nyaman digunakan di jalan raya tetapi juga tangguh di lintasan balap.

“Melalui ajang motorsport nasional, kerjasama antara TAM dengan TRD Indonesia dan TTI telah berhasil membuktikan bahwa kemampuan mobil Toyota sebagai pilihan terbaik. Ini terlihat dari capaian TTI yang mendominasi kejuaraan nasional melalui Agya, Etios dan Yaris. Pada ajang TOYOTA GAZOO 2017 ini kami mendukung TTI dalam hal teknis dan pengembangan secara menyeluruh agar tim ini dapat memberikan hasil yang maksimal di final race nanti,” kata President Director TRD Indonesia Toshio Obara.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply