Home / Auto / Toyota Sabet CSI Study 2017!
Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 774 poin. Nilai tersebut di atas rata-rata indeks perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut, yaitu sebesar 770 poin. Toyota Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dalam CSI Study 2017, di mana unggul pada dua faktor yaitu, service initiationdan service quality. Ist

Toyota Sabet CSI Study 2017!

Jakarta, NextID – Toyota Indonesia berhasil meraih posisi tertinggi sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan purnal jual terbaik kepada para pelanggan.
Penghargaan yang bernama Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2017 tersebut diserahkan oleh J.D. Power Asia Pacific, yang merupakan lembaga jasa konsultasi marketing berskala global, pada Jumat, 8 Desember 2017.

Study dilaksanakan J.D. Power terhadap 3.175 pemilik kendaraan baru yang menerima delivery kendaraannya sepanjang Maret 2015 hingga Sptember 2016 dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2016 hingga September 2017.

Berdasarkan studi tersebut, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 774 poin. Nilai tersebut di atas rata-rata indeks perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut, yaitu sebesar 770 poin. Toyota Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dalam CSI Study 2017, di mana unggul pada dua faktor yaitu, service initiationdan service quality.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga atas anugerah tertinggi yang diperoleh Toyota Indonesia dalam CSI Study 2017. “Terima kasih kami ucapkan kepada semua team di Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan ini. Gelar ini tidak akan dapat diraih tanpa team work yang kuat dan improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan,” ujar Nakata, Senin (11/12).

Selain berkat kerja sama semua team Toyota, lanjutnya, penghargaan tersebut juga tidak terlepas dari peran pelanggan setia Toyota selama ini. Sehingga, untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, Toyota akan selalu berupaya menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, and Beyond Service, yang sesuai dengan kebutuhan dan melebihi harapan pelanggan.

“Kami juga selalu berupaya untuk tetap menjaga kepercayaan dan selalu berusaha meningkatkan level kepuasan pelanggan dalam setiap tahapannya. Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan,” tuturnya.

Sementara itu, Executive GM TAM, Widyawati menyebutkan bahwa sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota tidak hanya memberikan produk dan teknologi yang bagus, tetapi juga terus meningkatkan peran aftersales untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan, sehingga pelanggan merasakan pengalaman kepemilikan terbaik dan terus mempercayakan mobil mereka untuk ditangani oleh Toyota.

“Kepercayaan tersebut yang pada akhirnya menjadikan mereka loyal terhadap Toyota dan menjadi kekuatan untuk merek Toyota. Di TAM, istilahnya adalah customer first, yang pada prinsipnya berarti bahwa kami mengutamakan para pelanggan setia,” tambahnya.

Menurut Widyawati, keberhasilan Toyota dalam mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional tidak hanya tergantung pada produk dan teknologi yang diperkenalkan selama ini, melainkan juga karena adanya layanan prima bagi pelanggan pada saatpembelian kendaraan, serta bagaimana pengalaman mereka setelah memiliki kendaraan atau aftersales.

Toyota mempunyai standar layanan aftersales yang antara lain meliputi item pekerjaan Servis Berkala yang lengkap, penanganan kendaraan Toyota oleh teknisi yang berpengalaman dan tersertifikasi, penggunaan suku cadang yang terjamin keasliannya (Toyota Genuine Parts), serta peralatan yang sesuai dengan teknologi Toyota.

Selain itu, Toyota memiliki 305 jaringan outlet secara nasional dan merupakan jaringan terluas dan terbesar di Indonesia, di mana sebagian bengkel Toyota sudah memiliki layanan Toyota Mobile Service, Service Point, Express Maintenance, Bengkel 24 jam, Emergency Road Assistance (ERA), serta adanya layanan berupa Gratis Biaya Jasa Servis sampai dengan servis ke-6 (maksimum 4 tahun/50.000 km *tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

Para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi atau menyampaikan keluhan kepada Toyota, dapat menghubungi call center24 jam dengan nomor telpon Hallo Toyota 1-500-315, atau menghubungi email yang tetap melayani pelanggan selama libur Lebaran yaitu customer-care@toyota.astra.co.id.

Utamakan Kepuasan
Di masa mendatang, imbuh Widyawati lagi, Toyota berkomitmen untuk terus melakukan berbagai improvement sehingga Toyota dapat memberikan pengalaman berkendaraan terbaik bagi para pelanggan setia. Improvement yang dilakukan baik dari sisi fundamental service maupun aktivitas-aktivitasbreaktrough, yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tahun lalu, Toyota juga berhasil mendapatkan index tertinggi untuk kategori Customers Satisfaction Index (CSI) dari J.D. Power Asia Pacific, dengan poin sebesar 769.

“Selain Customer Service Index (CSI), Toyota juga mendapatkan peringkat kedua dalam kategori Sales Satisfaction Index (SSI) dari lembaga yang sama. Dengan poin sebesar 789, Toyota tercatat sebagai salah satu perusahaan otomotif roda empat yang mempunyai indeks kepuasan penjualan bagi pelanggan,” jelasnya.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply