Wednesday , 19 January 2022
Home / Auto / Hino Lanjutkan Kampanye Keamanan Berkendara

Hino Lanjutkan Kampanye Keamanan Berkendara

Makassar, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus melakukan kampanye keselamatan berkendara kepada para pengemudi khususnya terhadap kendaraan truk. Pada kesempatan kali ini kota Makasar menjadi kota ke empat dalam road show Hino Dutro Safety Driving Competition 2017.

Ajang ini bertujuan dalam rangka mendukung program pemerintah “Dekade Aksi Keselamatan Jalan” yang telah di instruksikan oleh Presiden Indonesia melalui inpres No.4 tahun 2013. Tentunya ini sejalan dengan salah satu visi Hino yang ingin menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman.

“Keselamatan merupakan hal utama dalam penyelenggaraan transportasi, karena kecelakaan bisa menimbulkan kerugian yang besar, baik manusia maupun harta bendanya.” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, Sabtu (28/10).

Selain untuk menjaga keselamatan para pengemudi truk. ajang ini juga memiliki tema Handal Pengemudinya, Aman dan Maksimal Bisnisnya – di mana melalui kegiatan ini Hino juga ingin para pengusaha selaku customer loyal dapat menjalankan bisnis dengan mudah. “Karena jika pengemudi mereka berkendara dengan aman dan tertib, maka barang muatan yang diangkut dapat dengan selamat sampai di konsumen mereka. Sehingga bisnis pun dapat terus berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Bekerja sama dengan diler resmi Hino untuk wilayah Sulawesi Selatan PT Kumala Motor Sejahtera (KMS), bertempat di Lapangan Parkir Pipo Mall, Hino Dutro Safety Driving Competition digelar dengan terbagi menjadi dua bagian. Pada hari pertama pengemudi ditest tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu- rambu lalu lintas.

Setelah itu 10 pengemudi terbaik dari hasil tes ini, akan melanjutkan kehari kedua untuk inspection test dan skill test berupa zig–zag forward dan backward serta reverse parking. Dan, keluar sebagai pemenang dalam Hino Dutro Safety Driving Competition kali ini di Makasar. Yakni Paharuddin dari PT Kawipusaka Raharja sebagai juara pertama dan diikuti Akbar dari PT Top Saba Mandiri di posisi kedua, sedangkan juara ketiga ditempati oleh Mustari dari CV Limbang Dolangan.

“Dengan adanya acara ini para driver dapat pengalaman yang berharga sekaligus menambah skill yang kita punya,  di mana kita harus terus gali dan belajar untuk dapat memgemudi dengan aman dan tertib demi keselamatan kita bersama,” ungkap Paharuddin, sang sebagai juara pertama.

Peluncuran Hino New Dutro

Bertepatan dengan Hino Dutro Safety Driving Competition di pagi hari, pada malam harinya HMSI bersama KMS melanjutkan acara dengan menggelar peluncuran Hino New Dutro, di Hotel Rinra, Makassar. Acara ini menggundang konsumen Hino dari berbagai macam segmen bisnis yang ada di Sulawesi Selatan.

Acara peluncuran ini untuk memperkenalkan lebih dekat Hino New Dutro melalui pemaparan yang detil dari tim produk HMSI kepada para pengusaha di Makassar yang banyak bergerak di bidang konstruksi, perkebunan, kargo dan lainnya. Hino New Dutro ialah generasi terbaru menggantikan Hino Dutro generasi sebelumnya yang merupakan tipe light duty truck atau kelas truk ringan.

Generasi terbaru ini memiliki 16 model baru, di dalamnya terdapat 4 model tambahan dari generasi sebelumnya yang hanya terdapat 12 model. Salah satu varian yang sangat sesuai dengan bisnis di Sulawesi Selatan ialah Hino New Dutro 130 HDL untuk keperluan bisnis kargo, di mana varian ini hadir memiliki dimensi rangka lebih panjang, sama dengan unit Hino Dutro 130 MDL dan memiliki kubikasi bodi meningkat 3.85 m3 atau dari 15.05 m3 menjadi 18.9 m3.

Adanya penambahan panjang pada wheelbase (WB) dan julur belakang (ROH) membuat kapasitas ruang kargo lebih besar untuk membawa barang lebih banyak. New Dutro 130 HDL ini dilengkapi dengan transmisi model baru (RE50) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai dengan 1,8% lebih irit dibanding transmisi lama dan menghasilkan akselerasi lebih baik serta kemampuan yang lebih handal di medan menanjak.

Model terbaru lainnya yang hadir dan sesuai digunakan untuk kebutuhan bisnis di Sulawesi Selatan ialah Hino New Dutro 130 HD LSD, truk ringan 6 roda yang handal di jalan berlumpur (off road). Dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip ketika melalui medan lumpur yang berat. Sehingga truk dapat melaju untuk terus bekerja dan produktifitas tetap terjaga.

Melalui acara ini juga Hino berharap semakin memperkuat posisi sebagai market leader di Sulawesi Selatan. Tercatat selama tahun 2017 ini dari periode Januari sampai September untuk wilayah Sulawesi Selatan Hino mampu menguasai pangsa pasar truk sedang atau medium duty truck sebesar 50.31% atau terjual sebanyak 160 unit kendaraan. sementara untuk kategori truk ringan, Hino berhasil meraih market share 26.91% dengan penjualan unit mencapai 314 unit.

Santiko Wardoyo, Selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI mengatakan, “Makasar area yang penting bagi Hino, disini sedang giat dalam pembangunan infrastruktur sehingga mendorong perputaran roda ekonomi. Selain itu letaknya yang strategis membuat area ini sebagai pusat perdagangan di Indonesia Timur hal inilah yang menujang penjualan Hino cukup baik disini.”

About Gatot Irawan

Check Also

Honda Kembali Gelar Brio Virtual Drift Challenge Seri 5

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) akan kembali menggelar Brio Virtual Drift Challenge …

Leave a Reply