Wednesday , 22 September 2021
Home / Auto / Hino Team Sugawara Finis di Posisi Pertama Dan Kedua
Dakar Rally 2017 diikuti kategori truk, di mana salah satu peserta yakni Hino dikomandani oleh Yoshimasa Sugawara. Ist

Hino Team Sugawara Finis di Posisi Pertama Dan Kedua

Jakarta, NextIDKompetisi Dakar Rally 2017 telah dimulai dari 2 Januari dan akan berlangsung hingga 14 Januari 2017. Hino kembali memperlihatkan kehandalan serta ketangguhan truknya dengan berpartisipasi mengikuti kompetisi reli terganas di dunia ini yang melintasi negara Paraguay, Bolivia dan  Argentina.

Dalam siaran pers, Jumat (6/1) disebutkan, Dakar Rally 2017 untuk kategori truk dikuti oleh 50 truk dan akan menempuh 12 Special Stage (SS) dengan total jarak 8.781 km dan Hino menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam Dakar Rally tahun ini. Pada gelaran tahun ini Hino menggunakan kendaraan Hino 500 Series yang terkenal dengan daya tahannya yang kuat.

Truk “sakti” ini didukung mesin A09C-TI (with turbo intercooler) yang mampu menyemburkan tenaga 650ps/2.200rpm. Pada Dakar Rally 2017 Hino mengirimkan dua tim, yang pertama dipimpin oleh pembalap profesional dan berpengalaman yaitu Yoshimasa Sugawara yang telah ambil bagian selama 33 tahun berturut-turut, serta Teruhito Sugawara yang merupakan anak dari Yoshimasa Sugawara dan memimpin kendaraan Tim Hino Dakar Reli lainnya. 

Anggota tim termasuk mekanik yang dipilih dari berbagai dealer Hino seluruh dunia dan navigator yang handal dan terlatih dan siap mendukung Hino Tim Sugawara menjadi juara. Rute yang dilampaui pada hari pembukaan ini ialah dimulai dari negara Paraguay tepatnya kota Asuncion. Paraguay sendiri baru pertama kali menjadi tempat digelarnya Dakar Rally dan menjadi negara ke 29 dalam sejarah  Dakar Rally.

Special Stage pertama menempuh jarak 454 km dari Asuncion, Paraguay ke Resistencia, Argentina. Pada SS pertama Hino Team Sugawara berhasil melewatinya tanpa ada masalah yang berarti dimana medan yang ditempuh banyak terdapat jalan berbatu krikil , berliku memasuki hutan, padang pasir berdebu yang luas dan menyeberangi sungai.

Kebahagian terpancar dari tim Hino ketika berhasil masuk finish.  Ist
Kebahagian terpancar dari tim Hino ketika berhasil masuk finish. Ist

Pada hari berikutnya, rute yang dilalui menempuh jarak 813 km dari Resistencia ke San Miguel de Tucuman, Argentina. Dengan kondisi medan yang cenderung masih sama yaitu jalan berbatu krikil dan berlubang serta debu yang tebal, Hino Team Sugawara berhasil finish di posisi pertama dan kedua untuk kategori under 10 liter class.

Special Stage ketiga menuju rute kaki bukit Andes, Argentina dengan jarak total 757 km di mana pada stage ketiga ini pembalap menghadapi jalan off road berpasir yang sulit dilalui oleh kendaraan. Kedua Hino Sugawara Team memberikan kinerja yang terbaik dalam medan yang ekstrem ini dan mampu mempertahankan posisinya untuk finish dengan posisi 1 dan posisi 2 di kategori under 10 liter class.

 

Hino Dakar Rally info

  1. Hino menjuarai kategori in the under 10-Litre Class selama tujuh tahun berturut-turut dari tahun 2010 sampai 2016.
  2. Tahun 1997, Hino menjadi juara umum dalam kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga.
  3. Pada tahun 1991, Hino menjadi perusahaan truk asal Jepang yang pertama kali ikut Dakar Rally.

 

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda BR-V Makin Canggih dan Keren!

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua …

Leave a Reply