Home / Auto / Tata Xenon XT D-Cab 4×4 Rambah Seram Timur
Tata Xenon XT D-Cab 4x4 siap masuk Seram Timur dalam bentuk ambulan. Ist

Tata Xenon XT D-Cab 4×4 Rambah Seram Timur

Jakarta, NextID – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengumumkan mitra diler 3S  di Cikarang, yakni PT Surya Tata Mandiri menjual 8 unit Tata Xenon XT D-Cab 4×4 kepada CV Ambulance Pintar Indonesia (API). API adalah unit usaha karoseri dan spesialis pembuat ambulan.

“Armada Xenon XT D-Cab 4×4 ini akan digunakan untuk kendaraan ambulan keliling di Pulau Seram bagian Timur. Projek ini merupakan bukti merek Tata Motors yang kuat dan irit dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan aplikasi, ” ujar Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI yang ikut mengantar langsung 8 unit Ambulan Xenon XT D-cab 4×4 ke Pulau Seram, Rabu (28/12).

“Medan yang berat di Kepulauan Seram dengan dominasi off-road, jalan berbatu, jalan aspal pegunungan dan tanjakan-tanjakannya yang sangat curam sangat cocok dengan profil Tata Xenon XT D-Cab 4×4 yang dibekali torsi mumpuni dan suspensi yang empuk,” pungkasnya.

Sementara Imron Bukhari, Direktur Utama API mengatakan, pihaknya tertarik dengan Tata Xenon XT D-Cab 4×4 adalah saat melihat peluncurannya di GIIAS 2016.   “Saya coba buktikan kenyamanan, performanya, dan konsumsi bahan bakarnya yang irit sesuai klaim TMDI. Dan semua yang dijanjikan memang terbukti. Oleh karena itu saya beranikan diri menawarkan kepada dinas-dinas Kesehatan Kabupaten, termasuk Kabupaten Pulau Seram bagian Timur,” timpalnya.

Menurut Imron, dari sisi kenyamanan dan biaya operasional,  kendaraan kabin ganda itu sangat cocok untuk dijadikan kendaraan ambulan yang berorientasi pada kenyamanan pasien dan petugasnya. “Mobil ini jelas irit BBM dan suspensinya empuk. Saat ke-8 unit diantar ke Pulau Seram, para pengemudi bilang, jika merek lain dari pelabuhan Ambon ke Pulau Seram itu bisa menghabiskan satu tangki penuh, tapi Tata Xenon XT D-Cab 4×4 hanya menghabiskan setengah tangki solar dan masih ada sisa,” komentarnya.

Tim suku dinas kesehatan Pulau Seram Timur menurut Imron, juga telah mencoba langsung ambulan tersebut. “Mereka awalnya tidak tertarik saat saya tawarkan Xenon XT D-Cab 4×4 sebagai basis ambulan yang mereka butuhkan. Namun setelah mereka mencoba sendiri dan merasakan kenyamanannya, mereka positif mempercayakan armada Puskesmas kelilling kepada Tata Xenon XT D-Cab 4×4.

Perjalanan ke Pulau Seram dari pelabuhan Ambon yang masuk gunung keluar gunung, khususnya rute Pelabuhan Ambon – Waipirit – Seram Timur. Diantara Waipirit – Seram Timur terdapat tanjakan SS (berbentuk S), yang sangat curam dan menanjak selama 3 jam penuh. Sementara total waktu tempuh dari Pelabuhan Ambon ke Pulau Seram Timur adalah 18 jam.  Kendaraan tersebut berhasil membuktikan kemampuannya tanpa ada masalah berarti.

Mengenai ketersediaan suku cadang, menurut Imron TMDI akan menjamin ketersediannya dengan akan membuka cabang toko suku cadang khusus di Pulau Seram.

Ambulan Tata Xenon XT DCab menjejak Seram Timur.  Ist
Ambulan Tata Xenon XT DCab menjejak Seram Timur. Ist

Kendaran ini dibekali Mesin diesel common rail Tata 2.2L VTT DICOR yang dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga maksimumnya 140 PS pada 4000 rpm dan torsi puncak 320 Nm di putaran mesin 1700-2700 rpm. Model 4×4 memberikan fitur shift on fly 4×4 system yang mendukung kemampuan off-road sangat optimal. Kemudahan perpindahan gigi dan kenyamanannya dicapai berkat teknologi gearbox GBS-76-5/4.1 dengan over drive dari Xenon D-Cab.

Muatannya dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan bisnis. Loading deck berbahan double corrugated galvanized steel yang memiliki daya angkut hingga 1.000 kg dengan ukuran (PxLxT) 1.430 x 1.410 x 400 mm dan ground clearance 210 mm.

Di sektor kaki-kaki Tata Xenon XT D-Cab 4×4  dilengkapi dengan suspensi independen dengan antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) yang memberikan kestabilan saat bermanuver meski sedang bermuatan beban penuh dan mudah beradaptasi dengan berbagai medan dan kondisi jalan.

Kendaraan ini sudah dilengkapi fitur safety yang lengkap. Di antaranya Collapsible Steering Column, twin circuit braking system, dual airbags, ABS, side impact beams dan reinforce 3 layer body construction.

About Gatot Irawan

Check Also

Wow, Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS 2024

Tangerang, NextID – Daihatsu hadirkan Xenia ADS dengan tampilan baru dan lebih sporty pada ajang …

Leave a Reply