Tuesday , 21 September 2021
Home / Auto / Sertifikasi Guru SMK ala AHM
Salah satu peserta dalam gelaran Final Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda yang telah diimplementasikan di 609 SMK yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Ist

Sertifikasi Guru SMK ala AHM

Jakartta, NextID – Kepedulian tinggi PT Astra Honda Motor (AHM) pada kesuksesan proses pendidikan generasi muda di SMK diwujudkan pula dengan meningkatkan kompetensi para guru. AHM memberikan pelatihan, serta sertifikasi untuk para guru. Sebagai tolak ukur kompetensi para guru, AHM memiliki 3 level sertifikasi yang harus ditempuh oleh para guru, mulai dari Bronze, Silver, dan Gold.

 

Menurut Markus Budiman, Direktur HR, GA & IT AHM, kKomitmen AHM tak hanya berhenti pada kurikulum untuk siswa dan sertifikasi untuk guru. Upaya terintegrasi pendidikan teknik sepeda motor untuk SMk juga diwujudkan dengan membentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) KTSM Astra Honda di beberapa SMK binaannya.

 

“Upaya ini bertujuan agar para lulusannya dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Saat ini, jumlah SMK TUK yang dimiliki oleh AHM ada 37 TUK dan AHM terus mendorong para SMK Binaannya untuk menjadi SMK TUK,” ujarnya, usai acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Industri dan SMK yang disaksikan langsung oleh 7 Menteri di gedung Kementerian Perindustrian, Selasa (29/11).

 

Markus Budiman  Ist
Markus Budiman Ist

Untuk mempersiapkan siswa KTSM Astra Honda berkarya di dunia industri, AHM juga memberikan fasilitas praktek kerja industri (prakerin) di Bengkel Resmi Astra Honda (AHASS) kepada para siswa-siswa binaan di seluruh SMK KTSM Astra Honda. Selain itu, AHM juga memberikan kesempatan kepada SMK binaannya untuk secara langsung mengenal lebih dekat proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM.

 

Menurut Markus, ilmu yang diterima para siswa dalam KTSM Astra Honda selalu dikalibrasi selaras dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di dunia industri kendaraan roda dua. Salah satunya dengan mengikutsertakan para siswa dalam Kontes Ketrampilan Siswa yang setiap tahun diikuti oleh semua SMK KTSM Astra Honda di seluruh Indonesia.

 

Untuk mengembangkan Program SMK KTSM Astra Honda melalui proses monitoring dan evaluasi yang efektif, pada tahun ini AHM juga membangun sistem E-Database dan E-Learning khusus untuk sekolah binaannya. Sistem E-Database dan E-Learning  baru ini akan menjadi sarana informasi dan update teknologi baru Honda yang bisa dimanfaatkan oleh para Guru sebagai materi ajar kepada para siswa di masing-masing sekolahnya. Dengan E-Learning ini para guru dengan mudah memperoleh materi-materi dan update teknologi Honda terbaru dengan cara mengunduhnya.

 

“Kami berharap upaya terintegrasi yang kami jalankan secara konsisten ini dapat semakin mendukung upaya pemerintah menciptakan generasi muda yang cerdas dan siap bersaing di dunia industri,” tutup Markus.

About Gatot Irawan

Check Also

HRSC 2 Lahirkan Juara Baru!

Jakarta, NextID – Babak ketiga dari Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim kedua baru saja …

Leave a Reply