Wednesday , 20 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Kembangkan Pilot Project SMK Berbasis Kompetensi
(Depan Ki-Ka) Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Sri Puji Lestari, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian Mujiyono, Direktur HR, GA & IT AHM Markus Budiman pada saat penandatanganan perjanjian kerjasama antara Industri dan SMK dan disaksikan oleh 9 SMK pilot project di Kementrian Perindustrian, Selasa (29/11). Ist

Kembangkan Pilot Project SMK Berbasis Kompetensi

Jakarta, NextID – PT Astra Honda Motor (AHM) dipercaya pemerintah sebagai perusahaan yang mengemban tugas pengembangan Pilot Project SMK Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri. Kepercayaan ini diberikan agar perusahaan  berperan aktif dalam memperkuat pendidikan kejuruan dan vokasi di Tanah Air.

 

Pemberian kepercayaan kepada AHM ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Industri dan SMK yang disaksikan langsung oleh 7 Menteri di gedung Kementerian Perindustrian, pada Selasa (29/11) di Jakarta.  Kerjasama Pilot Project Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi Link and Match dengan Industri merupakan rangkaian kegiatan yang digelar Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi SMK.

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh jajaran menteri Kabinet Kerja Republik Indonesia, seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Selain itu, turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir,  Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, dan Menteri Negara BUMN Rini M. Soemarno.

 

Perjanjian kerja sama antara Industri dan SMK dilakukan oleh Direktur HR, GA & IT AHM Markus Budiman sebagai perwakilan dari dunia industri, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian Mujiyono, Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Kementerian Pendidikan Sri Puji Lestari, dan 9 Kepala SMK yang akan menjadi Pilot Project.

 

Markus Budiman mengatakan AHM akan berupaya maksimal dalam menyukseskan program pilot project bersama pemerintah ini. Kepercayaan pemerintah terhadap komitmen tinggi AHM di dunia pendidikan bagi generasi muda telah dimulai AHM melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda yang digulirkan sejak tahun 2010.

 

“Kepercayaan pemerintah ini merupakan tugas mulia bagi kami agar dapat terus berkontribusi menyiapkan tenaga terampil yang siap bekerja di dunia industri. Hingga saat ini, kami telah membina kerjasama dengan 609 SMK di seluruh Indonesia dengan mengimplementasikan KTSM Astra Honda. Kami akan melanjutkan upaya meningkatkan kompetensi teknik sepeda motor yang link and match dengan dunia industri,” ujar Markus.

 

Implementasi KTSM Astra Honda telah memasuki tahun ke-6 tahun dan kini sudah diimplementasikan di 609 SMK yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. SMK binaan AHM tersebut antara lain berada di pulau Sumatera sebanyak 164 SMK, di pulau Jawa sebanyak 364 SMK, di pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 26 SMK. Di Indonesia bagian timur, AHM juga memiliki SMK binaan di pulau Kalimantan sebanyak 33 SMK, di pulau Sulawesi sebanyak 19 SMK, dan di Papua sebanyak 3 SMK.

 

Selain mendapatkan sebuah Kurikulum dari AHM dan jaringan main dealernya, SMK KTSM Astra Honda juga mendapatkan sepeda motor Honda dan special tools untuk membantu praktek para siswa di laboratorium sekolah masing-masing. AHM juga memberikan bantuan materi ajar kepada seluruh SMK binaanya untuk membantu para guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah.

About Gatot Irawan

Check Also

Identitas Merek Pelaku UMKM Tetap Terjaga di “Tokko”

Bandung, NextID – Pada Sabtu (25/9) platform digital Tokko resmi diluncurkan. Hadir Gubernur Jawa Barat …

Leave a Reply