Monday , 27 September 2021
Home / Auto / Mercedes-Benz GLS, Memang Wah!
Tampilan depan yang sangar, namun gagah. Ist

Mercedes-Benz GLS, Memang Wah!

Jakarta, NextID – Getaran Mercedes-Benz GLS terbaru yang meluncur awal November, menggetarkan memang. Banyak penyempurnaan yang terjadi. Tercatat, sejumlah fitur penting di GLS adalah kemudi multingfungsi 3-spoke yang dibalut kulit nappa dan dilengkapi dengan tuas pengganti gigi dan 12 tombol fungsi serta penutup airbag yang dibalut kulit nappa, instrumen dengan rincian termodifikasi dan juga panel instrumen rancangan baru dengan Media Display berwarna semi-terintegrasi.

Beragam sorotan lampu berbeda dapat diciptakan di bagian interior GLS lewat roda kemudi berbahan kayu/kulit multifungsi, ambient lighting yang menampilkan tiga jenis warna atau sejumlah elemen trim yang proporsional di panel instrument dan panel pintu yang mampu mengatur penutup dudukan cangkir yang dapat ditarik.

Selain ambient lighting dan elemen trim bergaya kayu hitam poplar, desain dan equipment line EXCLUSIVE juga menyediakan empat konsep warna interior yang menarik dan berbahan kulit asli: black, saddle brown, crystal grey dan ginger beige.

Konektivitas dan infotainmen mutakhir disediakan oleh COMAND Online generasi terbaru, termasuk sebuah Media Display berwarna berukuran 20,3 cm (8 inci) serta touchpad intuitif (65 x 45 mm). Ini memungkinkan sang pengemudi mengakses informasi kendaraan setiap saat, termasuk status jendela dan pintu, jarak tempuh, tekanan ban dan data diagnostik lainnya.

Bangku bagian belakang didesain tak kalah nyaman.  Ist
Bangku bagian belakang didesain tak kalah nyaman. Ist

Keamanan Maksimal

Tingkat peralatan keamanan pada GLS terbaru menggarisbawahi standar tinggi Mercedes-Benz dalam mempermudah sang pengemudi. Sejumlah sistem bantuan pengemudi telah menjadi standar kendaraan, seperti COLLISION PREVENTION ASSIST PLUS, Crosswind Assist dan ATTENTION Assist. Berbagai sistem lainnya juga tersedia sebagai standar pada GLS, seperti: PRE-SAFE system, sistem traksi all-wheel drive 4ETS, Electronic Stability Program (ESP®), cruise control dengan pembatas kecepatan variabel SPEEDTRONIC dan Downhill Speed Regulation (DSR).

Perlindungan optimal kendaraan diberikan oleh sistem perlindungan penumpang pasif  bersama dengan “zona crumple elektronik” yang dapat ditemukan di sistem bantuan dan desain kerangka kendaraan yang cerdas. Airbag dua-tahap yang adaptif bagi pengemudi dan penumpang depan (gabungan thorax/pelvisbag) dan windowbag di atas tiga baris kursi juga merupakan bagian dari spesifikasi standar kendaraan.

Kinerja Mesin Efisien

Mesin di GLS terbaru memberikan kinerja yang lebih baik serta mengurangi tingkat konsumsi kendaraan. Mesin GLS 400 4MATIC dengan V6 biturbo yang kuat dan dilengkapi dengan injeksi langsung mampu menghasilkan 245 kW (333 hp) dan 480 Nm torsi dari 1.600 rpm.

Penggantian gigi pada GLS-Class ditangani oleh transmisi otomatis 9G-TRONIC yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz. Ini merupakan transmisi 9-kecepatan otomatis pertama di dunia pada segmen premium yang dapat digunakan bersama dengan mesin yang dipasang secara longitudinal.

Interiornya yang mewah.  Ist
Interiornya yang mewah. Ist

Keuntungan dengan mesin ini: step range dan rasio penyebaran lebar gigi 9,15 yang bekerja terpadu, yang meningkatkan kenyamanan berkendara dan meningkatkan konversi output mesin ke propulsi secara signifikan; penggantian gigi yang cepat dan hampir tak terasa dengan waktu pergeseran dan respon yang sangat pendek; karakteristik suara, getaran dan kekerasan yang sangat baik karena diturunkannya tingkat kecepatan mesin; pergeseran gigi yang terdiri dari beberapa tahapan.

Stabilitas yang Prima  

Dengan DYNAMIC SELECT, GLS baru memberikan lima mode transmisi. Selain pengaturan COMFORT, SLIPPERY dan SPORT, sang pengemudi dapat menggunakan DYNAMIC SELECT Controller pada konsol tengah untuk memilih pilihan INDIVIDUAL atau OFF-ROAD untuk mempermudah penjelajahan medan yang sulit.

 Selain konfigurasi powertrain yang mutakhir, suspensi udara AIRMATIC yang telah disesuaikan ulang dengan karakteristik redaman ADS yang ditingkatkan menjamin kestabilan saat mengemudi. Sistem redaman dapat mengubah prioritas sesuai dengan mode DYNAMIC SELECT yang terpilih. SPORT berfokus pada dinamika lateral terbesar dengan kualitas berkendara terbaik. Sebaliknya, mode COMFORT memungkinkan kualitas berkendara yang maksimal dengan dinamika kendaraan terbaik.

About Gatot Irawan

Check Also

Jelang Seri 3 ITCR 2021, Alvin dan Avila Masih Kuasai Klasemen

Jakarta, NextID – Mulai memasuki seri ketiga ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), …

Leave a Reply