Tuesday , 22 June 2021
Home / Auto / Hino Jaga Kepuasan Pelanggan
Service Advisor diler Hino sedang diuji dalam Customer Satisfaction Contest (CS Contest) 2016 pada 16 - 17 November 2016, bertempat di Pusat Pelayanan Purna Jual Hino, di Tangerang, Banten. Ist

Hino Jaga Kepuasan Pelanggan

Tanggerang, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Customer Satisfaction Contest (CS Contest) 2016 pada 16 – 17 November 2016, bertempat di Pusat Pelayanan Purna Jual Hino, Jl. Raya Gatot Subroto Km. 8,5 Tangerang, Banten.

Kontes yang diadakan untuk mempertemukan jajaran 3S (Sales, Service dan Spare Part) dari seluruh diler Hino ini bertujuan mengapresiasi dan memotivasi tim diler Hino di berbagai aspek untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan teknisnya, sekaligus sebagai ajang evaluasi kinerja jajaran 3S diler Hino.

Acara yang rutin digelar setiap tahun ini mengusung tema “We Represent Hino Total Support” di mana dalam konsep Total Support tersebut, setiap individu diharuskan memiliki pemahaman dan kemampuan yang sesuai standar HMSI, sehingga mampu memberikan solusi yang terbaik dan melampaui ekspektasi konsumen dengan kerjasama tim 3S.

Seluruh materi tet yang akan diberikan kepada peserta pun sangat berkolerasi dengan konsep Total Support dan juga disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini serta kebijakan terbaru dari HMSI.

“Hino berkeyakinan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, diperlukan tenaga kerja yang handal dan terpecaya. Untuk itu aktivitas pengembangan sumber daya manusia sangat penting dilakukan secara berkesinambungan oleh Hino bersama seluruh diler disini,” ucap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, Rabu (16/11) di sela acara.

Tercatat total peserta sebanyak 350 orang dari seluruh diler Hino yang tersebar di Indonesia, di mana para peserta ini sebelumnya telah melewati tahapan seleksi yang ketat oleh masing – masing diler sehingga bisa lolos dan mewakili dilernya dalam ajang ini.

Berbeda dari CS Contest tahun lalu, pada gelaran kali ini ada penambahan dua kategori yaitu kategori Hoyu Manager di mana dalam kategori ini peserta akan diuji kemampuannya dalam mengolah data dan memberikan strategi 3S untuk memberikan support bagi customer, dan kategori Field Advisor, untuk kategori ini peserta akan melombakan cara dalam memberikan solusi program support servis kendaraan Hino dan juga mendata profil customer Hino.

Mekanik ini bukan sedang 'melototin' truk, Hino tapi sedang mencari solusi untuk perbaikan pada ajang CS 2016. Ist
Mekanik ini bukan sedang ‘melototin’ truk, Hino tapi sedang mencari solusi untuk perbaikan pada ajang CS 2016. Ist

Dengan penambahan dua kategori ini, total 9 kategori yang akan diperlombakan yaitu kategori salesman light duty truck, salesman medium duty truck, service advisor, mechanic, customer care officer, fleet part salesman, warehouse, Hoyu Manager, Field Advisor. Semua kategori ini diperlombakan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Hino, dan pemenangnya diganjar. hadiah khusus perjalanan ke luar negeri  dan  uang tunai.

“Melalui CS Contest ini, kami berharap kemampuan jajaran 3S Dealer Hino dapat meningkat.  Pada kontes kali ini kami menambahkan agenda tambahan “Skill Show” dari staf HMSI, dengan tujuan para peserta dapat membawa pengetahuan baru setelah CS Contest selesai. Program ini merupakan wujud komitmen Hino untuk terus meningkatkan kualitas layanannya baik itu di bidang penjualan maupun purnajual,” timpal Senior Executive Officer After Sales, Irwan Supriyono.

Penjualan Tinggi

Hino mampu menjaga market share sebagai market leader medium duty truck dengan meraih 60% pangsa pasar. Tentu ini merupakan capain yang luar biasa di tengah kondisi pasar yang masih tertekan. Menurut Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, hasil yang sangat mengembirakan juga datang dari segmen light duty truck, Hino melalui produk Hino Dutro, yang  mampu meraih peningkatan market share menjadi 21,37% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 17%.

“Hasil ini sangat positif, di mana pasar light duty truck turun 18% dibanding tahun lalu, namun Hino justru mencatatkan peningkatkan market share dan dapat terus tumbuh. Tentu hasil yang memuaskan ini tidak terlepas dari kepuasaan para pelanggan akan produk dan layanan produk Hino,” papar Santiko.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply