Monday , 27 September 2021
Home / Auto / Hino “Mengigal” di GIIAS 2016
Hino Road Sweeper , truk khusus pekerja jalanan. Ist

Hino “Mengigal” di GIIAS 2016

BSD City, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menghadirkan beragam kendaraan niaga dalam berbagai kebutuhan bisnis dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 (GIIAS). Berbagai segmen bisnis tersebut seperti konstruksi, distribusi, hingga kendaraan untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

Total ada 4 unit kendaraan untuk pelayanan publik  yang Hino pamerkan dalam ajang GIIAS kali ini yaitu Hino Dutro 130 HD Pemadam Kebakaran, Hino Dutro 110 SDB Ambulance, Hino FB 130 Bus Sekolah dan New Generation Ranger FG 235 JJ Road Sweeper.

“Hino tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komersial semata, tapi kendaraan kami juga siap membantu masyarakat dalam berbagai pelayanan. Untuk itu kami siap menyediakan armada bagi pemerintah akan kebutuhan kendaraan yang handal,” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Kamis (18/8).

Hino Dutro 130 HD Pemadam Kebakaran

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan kendaraan yang lincah dan tangguh melewati segala medan, untuk itu Hino Dutro 130 HD hadir untuk melengkapi kebutuhan tersebut, menggunakan mesin diesel 4 langkah segaris dengan direct injection dan turbo intercooler, truk ini memiliki kemampuan menyemburkan tenaga maksimum 130 PS. Selain itu light duty truck ini memiliki 4 silinder dan jarak sumbu roda 3.380mm.

Model spesial dari Hino yang dibuat untuk memdamkan kebakaran. Ini model Hino Dutro 130 HD. Ist
Model spesial dari Hino yang dibuat untuk memdamkan kebakaran. Ini model Hino Dutro 130 HD. Ist

Truk 6 roda ini, memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 8,25 ton sehingga untuk penggunaan pemadam kebakaran mampu menampung 4.000 liter air. Selain itu truk ini juga menggunakan pompa tengah yang dapat menyemprot air dari kanan maupun kiri.

Hino Dutro 110 SDB Ambulance

Dalam membantu kelancaran rumah sakit dalam mengevakuasi pasien diperlukan kendaraan yang lincah dalam bermanuver untuk segera sampai di tempat tujuan. Hino Dutro 110 SDB yang berbasis microbus sangat sesuai dijadikan ambulance dengan total panjang 4.745 mm, sehingga memiliki ruang kargo yang lapang untuk memuat peralatan kesehatan dan juga tim medis.

Dari sisi performa truk ini memiliki tenaga 110 PS dengan tipe mesin W04D-TP, diesel 4 langkah segaris dengan direct injection dan turbo intercooler truk ini sangat gesit bermanuver sehingga dapat melintas di jalan sempit sekalipun. Hino Dutro 110 SDB memiliki jarak sumbu roda 2.530 mm dan Gross Vehicle Weight (GVW) 5,2 Ton.

Hino FB 130 Bus Sekolah

Program pemerintah DKI Jakarta yang menyediakan bus gratis bagi siswa, sangat di respon positif oleh masyarakat. Melihat hal tersebut Hino melalui produknya FB 130 ikut turut serta mendukung program tersebut. Hino FB 130 memiliki double acting shock absorber dan stabilizer yang meredam guncangan menjadi lebih lembut. Selain itu jejak tapak ban lebih lebar membuat kendraan lebih stabil sehingga para pelajar lebih nyaman dan aman menaikinya. Bus Sekolah ini dilengkapi dengan mesin diesel 4 langkah segaris  W04D-TN yang memiliki tenaga 130 PS.

Selain itu bus dengan kapasitas 24 tempat duduk ini memiliki GVW 8 Ton yang siap mengantar pelajar penerus bangsa meraih prestasi di sekolah. Bus sekolah ini juga telah dilengkapi aplikasi berbasis android dimana siswa maupun orang tua dapat memantau pergerakan bus sekolah. Selain itu masyarakat bisa mengetahui informasi tentang rute bus sekolah, rute jadwal, rekam perjalanan bus dan sebagainya. Bahkan aplikasi ini dapat menghitung kecepatan kendaraan, nama pengemudi dan kondekturnya.

New Ranger FG 235 JJ Road Sweeper

Hino memamerkan truk untuk penyapu dan pembersih jalan,  di mana truk ini dilengkapi dengan teknologi vakum yang memungkinkan pengangkatan sampah besar dengan mudah seperti botol minuman, pecahan botol, kantong plastik dan lain-lain.  Selain itu truk road sweeper ini juga dibekali dengan penyemprot air tekanan tinggi sehingga selain menyapu jalan dapat juga membersihkan jalan dengan sempurna.

Dengan dua sistem penyedot, truk ini dapat menjangkau area yang lebih luas untuk dibersihkan. Kapasitas hopper yang mencapai 6 m3 meningkatkan efisiensi kerja di lapangan karena tidak perlu berulang kali mengosongkan hopper.  Truk ini didukung sasis generasi baru Hino (New Generation Ranger FG 235 JJ),  yang memiliki tenaga 235 PS serta menggunakan tipe mesin J08E-UG.

Truk dengan 6 silinder ini memiliki jarak sumbu roda 4.330mm dan GVW 15,1 ton dan dapat bergerak dengan kecepatan tinggi seperti truk pada umumnya saat tidak menyapu. Dengan begitu proses pembuangan sampah dapat dilakukan dengan cepat.

About Gatot Irawan

Check Also

Jelang Seri 3 ITCR 2021, Alvin dan Avila Masih Kuasai Klasemen

Jakarta, NextID – Mulai memasuki seri ketiga ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), …

Leave a Reply