Monday , 27 September 2021
Home / Auto / “Hatchback” Honda yang Keren di Ajang GIIAS 2016
Honda Civic Hatchback Prototype bermesin turbo, yang bakal mengaspal di Indonesia pada semester pertama tahun 2017. (NextID)

“Hatchback” Honda yang Keren di Ajang GIIAS 2016

BSD City, NextID – Untuk pertama kali di kawasan Asia dan Oceania, PT Honda Prospect Motor (HPM) menampilkan Honda Civic Hatchback Prototype pada ajang Gaikindo Internasional Auto Show (GIIAS) 2016 di Tangerang, 11 Agustus 2016. Model versi 5 pintu dari generasi ke-10 Honda Civic yang dilengkapi mesin 1.5 liter VTEC TURBO ini akan diluncurkan di Indonesia pada semester pertama tahun 2017 mendatang.

Di ajang GIIAS 2016, sedan keren ini diperkenalkan oleh Noriaki Abe, Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd, bersama dengan Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Dalam pidato pembukaan, Noriaki Abe mengatakan, Honda Civic merupakan model yang memiliki sejarah panjang dan telah diterima dan dicintai oleh konsumen di seluruh dunia. “Untuk menambah pilihan terhadap varian Civic di Indonesia, kami dengan bangga memperkenalkan Civic Hatchback Prototype untuk pertama kali di wilayah Asia dan Oceania. Model ini juga akan dilengkapi dengan mesin VTEC TURBO yang sporti dan ramah lingkungan, serta akan diluncurkan di Indonesia pada semester pertama tahun 2017,” sebutnya.

Sementara Tomoki Uchida, menyebutkan, pihaknya menyadari hatchback merupakan salah satu segmen paling populer di Indonesia. “Kami percaya Civic Hatchback dengan mesin 1.5L VTEC TURBO akan sukses menjadi hatchback kelas atas di Indonesia yang menawarkan mesin dengan performa sport dan fitur yang canggih seperti versi sedan,” tegasnya.

Honda Civic Hatchback Prototype pertama kali diluncurkan pada ajang Geneva Motor Show 2016. Mengusung pilihan mesin VTEC TURBO yang efisien sekaligus bertenaga serta desain bodi lebih ringkas dan aerodinamis, Honda Civic Hatchback Prototype dirancang sebagai Civic paling sporti yang pernah ada. Mobil prototipe ini mendapatkan penghargaan Best Design Award dari ajang Auto Express Award 2016 di Inggris.

Honda Civic Hatchback Prototype memiliki lebar 30 mm lebih besar, 20 mm lebih rendah dan 130 mm lebih panjang dari generasi Civic sebelumnya. Ukuran ban dan velg yang lebih besar serta lebar memberikan kesan yang lebih sporti pada Honda Civic Hatchback Prototype. Sementara itu wheelbase yang panjang dan area kabin yang luas menambahkan kesan tampilan yang lebih dinamis dan menambah kenyamanan saat berkendara.

Pada sisi depan mobil, overhang pendek dengan intake udara yang lebih besar memberikan kesan tajam dan agresif disertai dengan tampilan depan khas mobil Honda. LED Headlights dan lampu senja menyatu dengan ukiran tegas di bagian bumper bawah dan aksen wheel arches.

Garis bodi yang ramping terukir di sepanjang bagian samping dengan garis lekukan yang menyatukan gagang pintu depan dan pintu belakang hingga mencapai bagian ujung dari lampu LED belakang khas berbentuk C. Garis karakter kedua ditambahkan pada bagian belakang roda depan melewati bagian atas pintu hingga bagian atas wheel arches roda belakang, untuk memfokuskan kesan postur yang jauh lebih dinamis.

Berbagai pilihan mesin pada Honda Civic Hatchback merupakan bagian dari pengembangan Honda Earth Dreams Technology yang dirancang untuk menyajikan kombinasi performa yang dinamis serta efisiensi bahan bakar. Melalui konstruksi mesin dan sistem turbo charge yang baru dikembangkan dapat menghasilkan performa kelas tinggi namun tetap ramah lingkungan.

About Gatot Irawan

Check Also

Jelang Seri 3 ITCR 2021, Alvin dan Avila Masih Kuasai Klasemen

Jakarta, NextID – Mulai memasuki seri ketiga ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), …

Leave a Reply