Home / Auto / Honda Pajang Sedan Ganteng: Clarity Fuel Cell
Sedan ganteng Honda di masa depan yang disiapkan, Clarity Fuel Cell. (NextID)

Honda Pajang Sedan Ganteng: Clarity Fuel Cell

BSD City, NextID – Untuk pertama kali di kawasan Asia & Oceania, Honda menampilkan Honda Clarity Fuel Cell sebagai salah satu displai utama di booth Honda pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di Tangerang, 11-21 Agustus 2016. Honda Clarity Fuel Cell merupakan model berbasis sedan 5 penumpang pertama di dunia berbahan bakar hidrogen fuel cell yang sangat ramah lingkungan.

Honda telah memusatkan perhatian pada hidrogen sebagai solusi untuk berbagai isu seperti pemanasan global dan menipisnya bahan bakar fosil, dengan mengembangkan Fuel Cell Vehicle (FCV) yang hanya menghasilkan uap air tanpa menghasilkan CO2 sama sekali sebagai kendaraan ramah lingkungan. Honda juga telah melakukan pendekatan proaktif untuk meneliti dan mengembangkan  FCV sejak 1980-an. Honda Clarity Fuel Cell pertama kali diperkenalkan pada  ajang pameran Tokyo Motor Show 2015 di Jepang.

Tak hanya ramah lingkungan, sedan ini juga membawa berbagai terobosan canggih dalam desain dan teknologi. Model ini mengusung rancangan “Under-the-hood Powertrain” untuk pertama kalinya di dunia, di mana sel pembangkit listrik (Fuel Cell Stack) yang berukuran ringkas ditempatkan di bawah kap mesin di bagian depan, sehingga memungkinkan bentuk sedan 5 penumpang dengan kabin terlapang di kelasnya.

Powertrain dibuat lebih ringkas sebanyak 33% dibandingkan model sebelumnya, yang  dibuat sekompak mungkin seperti mesin berkonfigurasi V6.  Oleh karena itu powertrain ini memungkinkan untuk digunakan pada kendaraan jenis sedan seperti ini.

Dengan tenaga hidrogen sebesar 70 Mpa memungkinkan kendaraan ini dapat menempuh jarak tempuh sejauh kurang lebih 750 km. Hal ini mengalami peningkatan 30% dibandingkan model FCV sebelumnya. Tenaga yang dihasilkan oleh powertrain adalah 130kW (140 PS), sehingga tenaga yg dihasilkan responsif sekaligus memberikan kenyamanan berkendara. Tak hanya itu, waktu pengisian juga dibuat lebih singkat, yaitu hanya 3 menit untuk menempuh jarak maksimalnya.

Eksteriornya dikembangkan dengan konsep “Bold and Aero” yang terlihat dari tampilan bodi yang luas dan rendah serta lekukan halus yang membuat penampilannya menjadi semakin elegan. Honda Clarity Fuel Cell menampilkan Full LED Headlight yang tajam dan juga dilengkapi dengan 18” Alumunium Wheels dengan desain yang stylish dan aerodinamis.

Sedan canggih ini  mengusung konsep interior “Advanced Modern Lounge” yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan interface yang canggih. Kabinnya dirancang dengan mengedepankan kelapangan kabin, fitur terdepan di kelasnya, serta material yang berkualitas yang dapat membuat pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan.

Noriaki Abe, Chief Operating Officer Regional Operation (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd., mengatakan dalam pidato pembukaan booth Honda di GIIAS 2016, Kamis (11/8),  Honda Clarity Fuel Cell merupakan salah satu upaya yang dilakukan Honda untuk pelestarian lingkungan, khususnya dalam menekan emisi CO2. “Mobil ini merupakan perwujudan komitmen Honda untuk menghadirkan teknologi canggih demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujarnya.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor, menimpali, kehadiran Honda Clarity Fuel Cell sejalan dengan tema “Advanced New World” yang diusung Honda di ajang GIIAS tahun ini. “Lewat berbagai teknologi ramah lingkungan lain seperti mesin hybrid, turbo, hingga hidrogen, Honda ingin memperkenalkan teknologi mobilitas yang lebih cerdas untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply