Home / Auto / Siap Harumkan Indonesia di Suzuka Endurance
Dimas Ekky dalam suatu aksinya di sirkuit balap. Ist

Siap Harumkan Indonesia di Suzuka Endurance

Jakarta, NextID – Empat pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim, Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens akan berlaga di kejuaraan balap ketahanan bergengsi 8 Hours Endurance World Championship dan 4 Hours Endurance Road Race di sirkuit Suzuka, Jepang.

Dimas, yang tahun ini juga diterjunkan di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas suppersport  600cc dan CEV Moto2 European Championship, akan bertanding di ajang balap Suzuka 8 Hours Endurance World Championship pada minggu (31/7). Sementara itu, Irfan dan Rheza yang sudah dibina melalui kejurnas supersport  600cc akan unjuk kemampuan di Suzuka 4 Hours Endurance Road Race sehari sebelumnya (30/7). Gerry Salim, akan turut bergabung bersama tim untuk mendukung dan mendapatkan pengalaman dari ketatnya persaingan di ajang balap ketahanan kelas dunia ini.

Menjelang gelaran akbar kejuaraan balap ketahanan ini, keempat pebalap yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) ini menjalani berbagai persiapan mulai dari fisik, skill dan mental di Tanah Air maupun di sirkuit Suzuka, Jepang. Para pebalap Indonesia ini juga melewati serangkaian official test sebelum menghadapi balapan yang diikuti para pebalap lintas negara ini.

GM Marketing Planning & Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan balapan ketahanan ini merupakan ajang balap yang tepat untuk menguji dan mengasah kestabilan kemampuan balap para pebalap binaan perusahaan sebelum mereka menapakkan karir balap ke jenjang yang lebih tinggi. AHM berharap keikutsertaan pebalap Indonesia dalam ajang ini juga dapat sekaligus mengharumkan nama bangsa di antara pebalap-pebalap negara lain.

“Kami harap pengalaman pebalap binaan AHM di berbagai ajang sampai pertengahan tahun ini menjadi modal untuk mencatatkan hasil terbaik di Suzuka. Tidak hanya kemampuan teknis tapi juga ketahanan fisik dan mental sangat diperlukan untuk menunjukan konsistensi performa dalam meningkatkan level. Hal tersebut tidak lepas dari tujuan utama kami, mewujudkan mimpi pebalap muda Indonesia untuk sampai ke level MotoGP,” ujar Indraputra, Kamis (21/7).

Di kelas 8 Hours Endurance World Championship, Dimas yang tergabung dalam tim Satu Hati. Honda Team Asia akan bertanding berpasangan dengan pebalap dari negara lain yaitu, Zaqhwan Zaidi (Malaysia) dan Rathapong Wilairot (Thailand). Satu Hati. Honda Team Asia akan menggunakan sepeda motor CBR1000RR dan berlomba selama 8 jam menghadapi 163 pebalap berbagai negara dari 57 tim.

Salah satu tim AHRS sedang persiapan guna menghadapi balapan. Ist
Salah satu tim AHRS sedang persiapan guna menghadapi balapan. Ist

Sedangkan di ajang Suzuka 4 Hours Endurance Road Race, Irfan dan Rheza akan berlomba di bawah naungan tim Astra Honda Racing Team menggunakan sepeda motor  CBR 600RR menghadapi 128 pebalap dari 64 tim.

Babak kualifikasi akan dilaksanakan pada Jumat (29/7) dan khusus untuk kelas 8 hours akan mengikuti sesi Top 10 trials untuk menentukan posisi start terdepan.

Sirkuit Suzuka sendiri merupakan sirkuit teknikal yang menyuguhkan kombinasi balap yang lengkap. Dengan total panjang 5.821 m pebalap akan menghadapi kontur sirkuit yang naik dan turun, track lurus panjang, tikungan berkarakter low speed serta speed corner.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply