Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara simbolis menyerahkan produk pertama Multi Activity Vehicle (MAV) All New Sienta, Selasa (26/7) kepada para pelanggan di Jakarta dan menyusul dilaksanakan di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia. Ini merupakan wujud penghargaan secara resmi Toyota kepada pelanggan atas kesabaran menunggu sejak mobil ini diperkenalkan pada April lalu di ajang International Indonesia Motor Show atau IIMS 2016.
“Kami sangat menghargai kesabaran pelanggan menunggu All New Sienta yang sudah mereka pesan sejak IIMS 2016 lalu,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui pada acara All New Sienta Handover Ceremony, yang digelar di hotel mewah di kawasan Kuningan, Jakarta.
Sejak diperkenalkan pada IIMS 2016, All New Sienta berhasil mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Toyota menghadirkan mobil ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang tidak hanya mampu mendukung mobilitas yang makin berkembang, tapi sekaligus bisa mendukung gaya hidup yang kian dinamis dan beragam.
Toyota selalu berupaya menyediakan berbagai model dan line-up terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang. Survei menunjukkan bahwa masyarakat di Indonesia semakin membutuhkan kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan sejalan dengan makin padatnya lalu lintas, terutama di kota-kota besar.
“Kami berharap, kehadiran All New Sienta sebagai produk Multi Activity Vehicle akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan meraih sukses seperti produk Toyota lainya yang sudah lama hadir di Indonesia,” kata Fukui.
Sienta memiliki desain yang modern dan dinamis sehingga memiliki selling point yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Berbagai fitur dan teknologi yang mudah diakses oleh para penumpangnya, seperti power sliding door yang aman untuk anak-anak, dive-in seat pertama di kelasnya, transmisi CVT, serta Bi-Beam Projector Headlights untuk memberikan tampilan yang stylish dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.
Sementara unsur safety, All New Sienta hadir dengan Dual SRS Airbag serta 3-point seatbelts dan headrest untuk seluruh penumpang, demi rasa aman saat berkendara.
Untuk menyesuaikan dengan kondisi infrastruktur jalan di Indonesia, desain All New Sienta di Indonesia juga telah disesuaikan dengan ground clearance yang memadai yaitu 25 mm lebih tinggi dibandingkan Sienta di Jepang. Begitu juga dengan ruang interior luas sehingga tetap lega untuk mengakomodasi kapasitas hingga 7 penumpang.
Interior Sienta juga memberikan sentuhan pribadi dengan tampilan Multi Information Display. Selain itu, penumpang juga akan dihibur dengan kehadiran sistem infotainment yang dapat di sinkronisasi dengan smartphone. Sementara bagian kompartemen juga tersedia berlimpah, bahkan di bawah bangku kedua pun terdapat laci kecil yang juga berfungsi sebagai penyimpanan.
“Sienta menawarkan lifestyle yang modern dengan teknologi tinggi, sehingga sejalan dengan kebutuhan pasar di Indonesia yang semakin berkembang dan dinamis. Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Toyota Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. All New Sienta kami harapkan dapat melebihi ekspektasi pelanggan akan kehadiran sebuah Multi Activity Vehcile sesuai dengan semangat Let’s Go Beyond Toyota,” timpal Vice President Director TAM, Henry Tanoto.
Indonesia, lanjutnya, tercatat sebagai negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Sienta. Melalui kehadirannya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan industri otomotif nasional, sebagai bagian dari komitmen panjang Toyota yang sudah 45 tahun hadir di Indonesia.
All New Sienta yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) Karawang Plant Jawa Barat ini mempunyai kandungan lokal yang tinggi karena menggunakan mesin NR berteknologi dual VVT-i yang juga diproduksi di dalam negeri. Dengan teknologi terbaru dan berbahan dasar aluminium, mesin NR produksi TMMIN ini tidak hanya dikenal efisien tapi juga ramah lingkungan.
Di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang semakin kompetitif, kehadiran Sienta diharapkan lebih mamacu kinerja penjualan Toyota sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar seperti saat ini. Selama Juni 2016 lalu, Toyota kembali berhasil mencetak penjualan di segmen ritel secara signifikan sebesar 36.564 unit dengan market share 38,1% terhadap pasar otomotif nasional. Dengan demikian, penjualan Toyota sepanjang semester I 2016 telah mencapai angka 187.438 unit naik 11,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 lalu, atau jauh di atas rata-rata pertumbuhan pasar otomotif nasional.
“Dalam semangat Let’s Go Beyond seperti yang telah dilakukan pada Grand New Avanza, All New Kijang Innova dan All New Fortuner yang direspon dengan sangat positif oleh pelanggan, kami berharap pelanggan juga akan merespon positif kehadiran All New Sienta di Indonesia,” tutur Henry.