Monday , 29 November 2021
Home / Auto / Makin Mantap Hino di Januari – Mei 2016
Hino berkibar di tengah kelesuan pasar kendaraan komersial. Ist

Makin Mantap Hino di Januari – Mei 2016

Jakarta, NextID – Hino Indonesia tetap mempertahankan posisinya selama 16 tahun berturut-turut sebagai pemimpin pasar medium duty truck pada penjualan Januari – Mei 2016. Tercatat selama periode tersebut Hino mampu mengkoleksi penjualan sebanyak 3.771 unit, atau menguasai market share sebesar 59,07%  untuk segmen medium duty truck.

Sementara hasil yang menggembirakan juga terlihat dari segmen light duty truck, di mana melalui produk unggulan Hino Dutro mampu meraih market share 21%, atau membukukan penjualan 4.594 unit hasil ini lebih baik jika dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 18%. Secara total pasar kendaraan komersial selama Januari – Mei 2016 mengalami penurunan 18% jika dibanding periode yang sama tahun lalu.

Untuk medium duty truck pasar turun sebanyak 12% di mana tahun lalu terjual 7.226 unit kendaraan, sedangkan untuk tahun ini pasar melorot menjadi 6.384 unit. Sementara untuk segmen light duty truck pasar turun lebih dalam lagi yaitu sebanyak 20% ke angka 21.881 dari tahun sebelumnya yang mampu membukukan 27.194 unit penjualan. Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial.

“Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum terlihat. Hal ini berdampak besar pada dunia bisnis. Penurunan pasar kendaraan komersial cukup signifikan pada tahun ini, namun market share kami selama Januari – May 2016  dapat meningkat menjadi 21% untuk Hino Dutro dan Hino Ranger tetap bertahan diangka 59%,” papar Santiko Wardoyo selaku Direktur Sales dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), di sela acara buka puasa dengan Media, Kamis (16/6).

Target Semester II 2016

Di tengah keadaaan pasar yang tertekan dan ekonomi yang melambat. Pelaku industri otomotif terutama kendaraan komersial berharap pada belanja pemerintah dan proyek-proyek infrastruktur yang akan dijalankan. Diharapkan ekonomi dapat terdorong dan pasar kendaraan komersial kembali bergairah.

Menurut Santiko, Hino optimis di semester II nanti target akan tercapai, di mana HMSI mematok target dapat menguasai 65% pangsa pasar untuk segmen medium duty truck dan 20%  untuk segmen light duty truck di tahun 2016. Untuk mencapai target tersebut HMSI fokus pada segmen swasta seperti industri kargo atau distribusi dan juga sector goverment melalui e-catalog juga ikut digenjot untuk memenuhi kebutuhan pemerintah akan kendaraan komersial.

Selain itu Hino akan terus memperkuat jaringan penjualan dan purna jual dengan menambah beberapa showroom baru di kawasan perindustrian dan kota-kota yang strategis  sehingga diharapkan akhir tahun nanti Hino memiliki 170 outlet showroom di seluruh Indonesia.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Via Kontes Virtual, Daihatsu Tantang Modifikator

Jakarta, NextID – Daihatsu selalu berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya  kawula muda melalui berbagai …

Leave a Reply