Home / Auto / Jualan Honda di Semester I 2016, Yahud
Honda BR-V masih menjadi jagoan dalam hal pengumpulan angka penjualan Honda. Ist

Jualan Honda di Semester I 2016, Yahud

Jakarta, NextID – Memasuki akhir semester I tahun 2016, pasar otomotif di Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan yang stagnan, turun sekitar 0,6% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Meskipun demikian, penjualan Honda dari Januari sampai Mei 2016 justru  meningkat 36% dibanding periode yang sama di tahun lalu, sekaligus merupakan pertumbuhan penjualan yang tertinggi di antara 5 besar merek otomotif di Indonesia,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Rabu (22/6) di Jakarta.

Tercatat Honda telah mengumpulkan penjualan sebesar 90.190 unit dan diperkirakan akan menutup semester pertama di tahun ini dengan melampaui penjualan 100.000 unit. Honda juga berhasil meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu dari 15% di akhir tahun 2015 menjadi 20,5% di akhir Mei 2016.

“Penjualan Honda diparuh pertama tahun ini terutama didukung oleh kontribusi produk terbarunya, yaitu Honda BR-V. Model Crossover SUV yang memulai pengirimannya ke konsumen pada bulan Januari 2016 ini menyumbang 30% dari penjualan Honda atau sebesar 27.085 unit hingga Mei 2016.” papar Jonfis.

Selain Honda BR-V, model utama lainya seperti Honda HR-V dan Honda Mobilio juga memberi kontribusi signifikan terhadap penjualan Honda. Honda HR-V menyumbang 21% dari total penjualan (21.142 unit) sementara Honda Mobilio menyumbang 20% dari total penjualan Honda (20.425 unit).

Menurutnya, untuk mendukung penjualan dan meningkatnya kebutuhan layanan purna jual, pada tahun ini Honda juga juga secara aktif menambah jaringan dealer yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Sampai saat ini, Honda memiliki 180 dealer yang terdiri dari dealer 3S dan 3S cabang pembantu. Dalam 6 bulan pertama di tahun 2016, Honda telah meresmikan 10 dealer baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Ditargetkan Honda akan memiliki 200 dealer yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia pada akhir 2016.

Jonfis mengatakan, pertumbuhan penjualan Honda didukung dengan penjualan yang memuaskan dari produk-produk utama kami, terutama Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda Mobilio. “Dengan berbagai produk baru yang baru memulai masa pengirimannya di bulan Mei lalu seperti Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan All New Honda Civic Turbo, kami percaya tren positif ini dapat kami pertahankan di paruh kedua tahun ini,” ujarnya.

“Ditambah berbagai program penjualan dan purna jual yang sangat menguntungkan untuk konsumen, kami percaya ini adalah saatnya konsumen memiliki mobil berkualitas dengan pembiayaan mudah serta paket perawatan yang meringankan sekaligus menjamin mobil selalu dalam kondisi prima,” tuturnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply