Wednesday , 22 September 2021
Home / Tech / Computer / Tips Hemat Kuota Internet
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel pintar

Tips Hemat Kuota Internet

Jakarta, NextID – Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel, kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar. Tapi perhatikan, jangan sampai kebutuhan tersebut justru membuat Anda jadi boros.

Saat ini, pengguna bisa memilih antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Bedanya hanyalah pada paket unlimited, pengguna tetap bisa mengakses internet meski kecepatannya jadi sangat lambat. Sedangkan pada paket kuota, koneksi internet bisa langsung putus. Selain WiFi, berikut ini beberapa tips yang dirangkum NextID agar konsumsi data tidak boros.

1. Awasi penggunaan data

Sebelum menghemat penggunaan data, sebaiknya pengguna mengenali tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah anda lebih sering menghabis data Internet untuk media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau mengunduh aplikasi.

Pengguna bisa mengenali hal tersebut melalui menu di masing-masing ponsel, baik sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone. Menu itu biasanya ada di dalam bagian pengaturan. Ketika dibuka, anda akan mengetahui berapa banyak data yang digunakan dan aplikasi apa saja yang menggunakannya.

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data, tentu pengguna lebih mudah mengatur kapan menjalankan aplikasi tersebut. Misalnya, hanya membuka Path ketika terhubung dengan WiFi atau pada jam-jam tertentu ketika operator layanan komunikasi sedang memberikan bonus kuota internet.

Baca Juga : Tips Cegah Radiasi Smartphone

2. Matikan update otomatis

Update otomatis membuat pengguna selalu bisa mendapatkan aplikasi terbaru tanpa harus repot. Tapi bila tak terkendali, fitur itu malah jadi jebakan yang bisa membabat habis kuota data. Bayangkan, bila anda sedang menggunakan layanan data dari koneksi mobile lalu tanpa disadari ada sejumlah aplikasi yang otomatis diperbarui.

Sebaiknya pengguna mematikan saja fitur itu dan memilih opsi melakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi sehingga Google Play Store tidak otomatis mengunduh pembaruan menggunakan koneksi seluler.

3. Minimalkan download aplikasi

Sebaiknya anda mengurangi pengunduhan aplikasi melalui koneksi seluler karena ukuran file sebuah aplikasi bisa sangat besar. Seringkali game dengan tampilan grafis tiga dimensi memiliki file berukuran besar. Misalnya, Contract Killer keluaran Glu Mobile yang berukuran sekitar 295 MB.

Kadangkala, setelah terpasang masih ada data-data pendukung lainnya yang mesti diunduh oleh game jenis tersebut. Ketika ditotal, ada data yang terunduh pun mencapai 1 GB. Jumlah sebesar itu akan memakan banyak kuota data. Bila harus mengunduh game seperti itu, sebaiknya anda mencari koneksi WiFi gratis. Alternatif lain, cobalah untuk mengunduh aplikasi tersebut saat operator memberikan bonus kuota.

Baca Juga : Tips Charge Smartphone

4. Pintarlah dalam menonton video online

Menonton video di YouTube ketika dalam perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget bila itu membuat kuota data Internet anda cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar. Bila ingin menghemat kuota data, sebaiknya anda menghindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler. Alternatif lain, menonton streaming atau mengunduh video ketika terhubung ke WiFi gratis.

Jika memang harus menonton via koneksi seluler, anda bisa menurunkan kualitas video. Alternatif lain, YouTube punya fitur baru yang membuat penggunanya bisa menonton video offline.

5. Kompresi data di browser

Sejumlah browser memiliki fitur bawaan yang otomatis memampatkan data. Fitur itu sangat berguna untuk mereka yang sering menjelajah Internet menggunakan ponsel. Browser yang memiliki fitur itu antara lain adalah Chrome dan Opera Mini.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply