Thursday , 24 June 2021
Home / Tech / Gadget / Radiasi Smartphone Sebabkan Kematian
Ilustrasi dampak radiasi ponsel pintar

Radiasi Smartphone Sebabkan Kematian

Jakarta, NextID – Ponsel pintar sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarkat modern, tidak ada hari tanpa ditemani sebuah gadget. Tak jarang, masyarakat pun menghamburkan uangnya demi memperbarui dan membeli ponsel pintar terbaru. Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa ponsel pintar yang menjadi “teman hidup” mereka memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik yang tinggi. Gelombang itu dapat menyebabkan kanker hingga kematian dalam jangka panjang.

Dr George Carlo dari Wireless Technology Research (WTR) mengungkapkan belum ada ilmuwan atau para tenaga medis yang meneliti dampak buruk dari radiasi perangkat ponsel sebelum tahun 1990-an. Namun, hal itu berubah ketika ada seorang pengusaha yang mengajukan gugatan ke pengadilan lantaran istrinya meninggal dunia karena kanker otak akibat radiasi ponsel. Terungkap, radiasi ponsel bisa mengakibatkan disfungsi otak, tumor, serta berpotensi mengganggu kondisi psikologis seperti autisme, gangguan perhatian defisit, penyakit neurodegenerative, dan masalah perilaku. “Radiasi ponsel dapat menyebabkan kerusakan DNA, gangguan perbaikan DNA, dan mengganggu alat pacu jantung,” katanya.

Baca Juga : Bahaya Rokok Elektrik

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan radiasi ponsel sangat berbahaya bagi fungsi kerja otak, bahkan dapat memicu kanker otak. WHO menyatakan ponsel dapat menghasilkan karsinogen penyebab kanker. Sementara, sebuah studi 2011 di American Journal of Medicine menemukan bahwa, 50 menit penggunaan ponsel menyebabkan aktivitas otak yang berlebihan di daerah yang sering didekatkan telepon. Paparan radiasinya dapat merusak DNA sel dan memicu mutasi yang dapat berakhir dengan kanker.

“Ponsel menggunakan radiasi frekuensi radio (RF) untuk mengirim sinyal. Ironisnya, sinyal RF ini yang membawa karsinogen,” katanya dalam laman Naturalnews.

Penelitian lain juga mengungkapkan pertahanan tubuh kita melemah setelah terkena paparan radiasi bahkan frekuensi radio tingkat rendah dapat memicu tubuh untuk memproduksi protein yang merupakan sinyal ke tubuh bahwa sel-sel anda dalam kesulitan.

About Adam Rizal

Check Also

Wow, Konsumsi BBM DFSK Super Cab 15,4 Km/L

Jakarta, NextID- DFSK senantiasa membuktikan kualitas kendaraannya yang ditawarkan mumpuni dan mendukung berbagai aktivitas konsumen …

Leave a Reply