Tuesday , 21 September 2021
Home / Tech / Computer / Optimis Pertumbuhan TIK di Indonesia

Optimis Pertumbuhan TIK di Indonesia

Jakarta, NextID – Digitalisasi kian tak terbendung lagi. Tahun 2016 ini disebut-sebut menjadi sebuah era bagi perusahaan tradisional untuk mulai menjajaki operasional berbasis digital untuk menjawab tantangan di era yang serba terhubung dengan internet. Era digitalisasi juga berarti bertumbuhnya penggunaan mobile internet secara global dan pertumbuhan pasar smartphone. Dalam hal penggunaan mobile internet secara global, International Data Center (IDC) memperkirakan bahwa pada tahun 2016 ini pengguna mobile internet akan menembus angka 2 miliar dan Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan yang terbesar.

Disisi lain, meskipun penjualan komputer menurun di kuartal terakhir tahun 2015, IDC memperkirakan bahwa pada kuartal kedua tahun ini akan meningkat kembali, bahkan belanja Industri Teknologi Informasi (TIK) di Indonesia akan tumbuh sebesar 8,3%. Menanggapi optimisme tersebut, para produsen, berlomba-lomba untuk menggelontorkan produk-produk yang dapat
memenuhi kebutuhan konsumen pada era digital ini.

“Meskipun penjualan komputer ada penurunan di akhir tahun 2015, optimisme pasar masih cukup besar bagi industri komputer yang kini juga ikut menjual perlengkapan aplikasi dan gadget. Juga komputer harus dilengkapi dengan internet communication,”  sebut Ir. G. Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Umum Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), Senin (29/2) malam.

Prediksi IDC juga menunjukkan bahwa optimisme pasar juga didorong oleh komitmen pemerintah untuk meningkatkan adopsi information and communications technology (ICT) di berbagai sektor industri dan keinginan untuk mengembangkan digital ekonomi, seperti penciptaan platform untuk perusahaan start up.

Gadget is Everywhere
Seiring dengan gelombang digital yang melanda Indonesia, Indocomtech 2016 mengusung tema “Gadget is Everywhere”. Dalam sebuah zaman yang serba digital seperti ini, segala sesuatu dapat dikendalikan melalui sebuah alat dalam genggaman, misalnya smartphone. Kini, konsumen bahkan telah menjadikan smartphone sebagai asisten pribadi mereka.

Indocomtech 2016 digelar pada 2-6 November 2016 di Jakarta Convention Center. Pameran ini akan diikuti oleh 300 eksibitor dari bidang telekomunikasi, komputer, software, games, smartphone, produk elektronik, serta aksesoris yang akan memadati area seluas 17.000 meter persegi meliputi Hall A, Prefunction Hall A, Hall B, Prefunction Hall B, Cendrawasih, dan Main Lobby.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme para perusahaan berbasis TIK yang selalu menantikan kehadiran Indocomtech sebagai pameran yang memiliki nilai tinggi untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk-produk terbaru yang mereka hadirkan. Untuk itu, sebagai penyelenggara, API selalu berusaha untuk menghadirkan ide dan kreativitas yang baru yang membuat Indocomtech selalu menarik untuk dikunjungi dan mampu menghadirkan sisi edukasi dan pengetahuan yang baru,” ungkap Bambang Setiawan, Project Director API untuk Indocomtech.

Peluncuran pameran Indocomtech 2016 di Jakarta.
Peluncuran pameran Indocomtech 2016 di Jakarta.

About Murizal Hamzah

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply