Home / Auto / Wuih, KTB Masuk Segmen “Tractor Head”
Dua Tractor Head dari Mitsubishi yang diluncurkan pada Selasa (1/3) di Jakarta. NextID/Gatot Irawan

Wuih, KTB Masuk Segmen “Tractor Head”

Jakarta, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, memiliki kabar baik di tengah penurunan pasar selama tahun 2015 lalu. Mitsubishi Fuso berhasil mencapai 47% pangsa pasar di tengah persaingan yang semakin agresif. Di kelas light duty truck (LDT), di mana si Kepala Kuning Colt Diesel menguasai 54,8% pangsa pasar di kelas tersebut.

Sedangkan di kelas medium duty truck (MDT), Fuso mencatat perolehan 23,8% pangsa pasar. Tak hanya pencapaian market share yang positif, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan dua varian terbarunya yaitu Tractor Head FZ4928 dan FZ4028.

Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB menyebut, KTB mematok target penjualan unit Mitsubishi Fuso di 2016 sesuai dengan prediksi GAIKINDO yang menyatakan pasar otomotif Indonesia akan tumbuh sekitar 5%.“Secara volume kami targetkan naik 5% atau setara dengan 40.500 unit di 2016. Namun untuk pangsa pasar, kami mau tembus 50% dalam tiga tahun mendatang. Karena naik turun pasar itu hal yang bisa saja terjadi, namun yang terpenting pangsa pasarnya jangan sampai ikut turun,” ungkap Ishimaki, di sela acara peluncuran, Senin (1/3) di Jakarta.

Menurutnya, KTB memiliki spirit “Andalan Bisnis Sejati” yang merupakan semangat menyediakan layanan yang berbeda dari layanan pada umumnya, yang tercermin pada tiga pilar layanan yaitu: Zero Down Time. Ini adalah strategi yang mengedapankan pada fasilitas dan pelayanan after sales service dengan kualitas tinggi yang dapat dilaksanakan tanpa mengganggu waktu operasional kendaraan konsumen.

“Zero down time diwujudkan melalui layanan 24 jam berupa Truck Center yang hanya dimiliki oleh Mitsubishi Fuso dan tidak dapat ditemui di kompetitor lain karena biasanya layanan kendaraan niaga hanya dapat ditemukan pada jam kerja pada umumnya,” ungkapnya lebih jauh.

Kemudian, lanjut Ishimaki,  Best Life Cycle Value, adalah strategi untuk memberikan pilihan produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing konsumen. “Ketika kompetitor lain gencar memberikan diskon, Mitsubishi Fuso fokus pada kualitas produk dan layanan purna jual yang diberikan.

Strategi terakhir yaitu Customer’s Business Consultant merupakan komunikasi yang baik antara KTB, diler dan konsumen. “Kami secara konsisten menyelenggarakan gathering konsumen dan berjalan dengan baik tiap tahun. KTB mengembangkan dan membangun komunikasi dengan konsumen, di sinilah kesempatan Mitsubishi Fuso untuk masuk ke dalam target market yang baru,” jelas Ishimaki.

Menurut Duljatmono, Director MFTBC Marketing Division KTB, pihaknya tak ingin melewatkan peluang tersebut. Pada 2016 ini KTB akan melengkapi jajaran produknya dengan meluncurkan 10 varian baru. “Sebagai tahap awal, KTB menghadirkan Tractor Head FZ4928 dan FZ4028.  Produk ini  disasar untuk berbagai segmen usaha. Kedua produk ini dapat digunakan untuk mengangkut consumer goods, kargo ekspedisi, bahan konstruksi, car carrier, semen & pipa, minyak, mineral dan bahan bakar,” ujarnya.

Keduanya, menurut Duljatmono,  memiliki spesifikasi yang hampir sama. Tapi perbedaannya terletak pada sistem penggerak. Tractor Head FZ 4028 menggunakan sistem penggerak 4×2, sedangkan Tractor Head FZ 4928 menggunakan sistem penggerak 6×4.

Duljatmono,  Director MFTBC Marketing Division KTB, usai acara peluncuran dikerubuni jurnalis yang penasaran dengan program-program KTB ke depan.  NextID/Gatot Irawan
Duljatmono, Director MFTBC Marketing Division KTB (tengah), usai acara peluncuran dikerubuni jurnalis yang penasaran dengan program-program KTB ke depan. NextID/Gatot Irawan

Kehandalan Tractor Head ini telah dibuktikan melalui uji di berbagai tanjakan ekstrem dengan muatan maksimal, salah satunya adalah tanjakan Pancong yang terletak di Bandar Lampung. Dengan muatan 60 ton, Tractor Head mampu melibas tanjakan tanpa kendala.

Sebelum dipasarkan, KTB melakukan uji coba ke beberapa konsumen serta pengemudi yang sebelumnya telah terbiasa membawa kendaraan sejenis. Dari hasil uji coba yang dilakukan, konsumen mengakui keunggulan produk baru ini, terutama dari segi pengendalian atau pengoperasian, performance, keamanan, dan kenyamanan.

Salah satu pengemudi yang berkesempatan mencoba produk terbaru ini mengatakan Tractor Head FZ4928 memiliki tenaga besar dan tetap stabil melewati tanjakan maupun jalan datar. Daya pengereman berfungsi sangat baik, sangat halus sehingga driver merasa aman dalam berkendara. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply