Sunday , 8 September 2024
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Keren, Tol Cipali Dihijaukan
Tol Cipali dihijaukan berkelanjutan oleh pemerhati lingkungan dari "pelat merah" dan swasta. Ist

Keren, Tol Cipali Dihijaukan

Subang, NextID – Melalui kegiatan penanaman 300 pohon di Interchange Subang Km. 109 Tol Cipali, Sabtu (19/03), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menghijaukan jalan tol Cipali (Cikopo-Palimanan).  Pembangunan ruas jalan tol Cipali telah menciptakan kemudahan akses serta efisiensi waktu dan biaya dalam upaya pengembangan wilayah dan peningkatan ekonomi melalui kemudahan transportasi dan mobilitas orang maupun barang.

Namun dari sudut pandang lingkungan, pembangunan Tol Cipali menjadikan luasan lahan terbuka bertambah melalui pembukaan lahan kawasan hutan, pertanian, perkebunan serta lahan milik masyarakat seluas + 1.000 Ha. Untuk itu kegiatan penghijauan melalui penanaman pohon di kanan kiri jalan Tol Cipali dapat memulihkan tutupan lahan yang terbuka dan mengembalikan fungsi perlindungan tata air, pengamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol Cipali.

“Oleh karena itu, membangun insfrastruktur selain memberikan dampak positif, kita perlu antisipasi dampak negatif di lapangan, baik untuk manusia, binatang, tanah, tata air, juga gangguan terhadap fungsi ekologis dan hidrologis. Maka disitulah pentingnya pembangunan insfrastruktur yang diiringi dengan wawasan lingkungan”, ujar Siti Nurbaya, di sela acara.

Penanaman pohon di kanan kiri jalan tol Cipali telah dilakukan sejak November 2015 sepanjang 116,75 Km dengan jenis dominan pohon Trembesi sebanyak 12.979 batang. Selain itu telah ditanam pula 1.000 batang pohon seperti mahoni, kayu manis, eukaliptus, nyamplung, pisbol, gmelina, damar maupun cempaka. Penanaman dilaksanakan oleh Kementerian LHK bekerjasama dengan Perum Perhutani Regional Jawa Barat, PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Djarum Foundation, serta Paguyuban Budiasi.

Kegiatan penanaman 300 pohon di Interchange Subang Km. 109 Tol Cipali pada hari ini sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional 2016. Selain Menteri Siti Nurbaya, turut hadir pada kegiatan penanaman tersebut adalah perwakilan Kementerian BUMN, Gubernur Jawa Barat, Bupati Subang, Direktur Utama Perum Perhutani, Dewan Direksi LMS, Vice President Djarum Foundation, Dirjen Bina Marga, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi dan Kabupaten setempat, Kapolres Subang, Kodam III Siliwangi, dan tamu undangan.

FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation mengatakan pihaknya turut menanam pohon trembesi di sepanjang Tol Cipali. Kegiatan penanaman pohon di Tol Cipali ini merupakan bentuk kepedulian, tanggung jawab serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan untuk mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan.

“Penghijauan di sepanjang jalan tol akan sangat membantu dalam memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Partisipasi BUMN, swasta dan masyarakat akan sangat berarti dalam pemeliharaan lingkungan di sepanjang jalan tol.  Kami merawat pohon-pohon yang ditanam ini untuk 3 tahun kedepan,” ucap FX Supanji.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto menjelaskan pihaknya selaku pengelola tol Cipali berterima kasih kepada pemerintah dan pihak swasta lain yang telah berpartisipasi melakukan penanaman pohon di Tol Cipali. “Kami sangat mengapresiasi dukungan pemerintah dan peran serta para stakeholders lainnya untuk menghijaukan ruas tol Cipali. Kami percaya kegiatan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengguna tol Cipali, dan juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Anak Indonesia Menjadi Pemenang Utama pada Ajang TDCAC ke-17 di Jepang

Jakarta, NextID – Kabar gembira dari ajang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17 tingkat global yang …

Leave a Reply