Monday , 29 November 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Kepedasan ?, Ini cara menghilangkannya
Ilustrasi perempuan minum susu putih

Kepedasan ?, Ini cara menghilangkannya

Jakarta, NextID – Penyuka hidangan pedas pasti tahu rasanya jika lidah terasa “membakar”. Ketika makanan sudah habis, sensasi pedas masih bertahan cukup lama di lidah. Nah, untuk menetralkan kembali lidah dari sensasi pedas, anda tinggal minum air. Namun, ada cara yang lebih efektif dalam menghilangkan sensasi pedas tersebut.

1. Minum susu
Untuk melenyapkan sensasi pedas di mulut, anda bisa minum susu putih. Menurut American Chemical Society, protein di dalam susu dapat memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas dari cabai) dengan reseptor saraf.

2. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga bisa membantu meringankan sensasi pedas pada mulut. Karena minyak dan air tidak dapat bersatu, maka minuman beralkohol hanya akan menyebarkan capsaicin untuk mengurangi pedas di satu titik, bukan menetralkannya.

3. Gula
Manisnya gula dapat menetralkan pedas. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi “membakar” pada lidah. Gula dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah.

4. Makan cokelat susu
Makan cokelat merupakan cara praktis untuk menghilangkan sensasi membakar dalam mulut. Lemak tinggi pada cokelat dapat menghilangkan capsaicin di mulut karena senyawa itu mudah larut dalam lemak dibandingkan air. Cokelat susu lebih cepat menghilangkan sensasi pedas daripada cokelat hitam karena mengandung lebih banyak lemak.

5. Makan roti
Sepotong roti mampu membantu menghilangkan sensasi “membakar” dari senyawa capsaicin.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply