Jakarta, NextID – Untuk kedua kali OTOMOTIFNET.COM (OTOMOTIF Group, Kompas Gramedia) kembali mengadakan survei yang diberi nama “Indeks Kebahagiaan Berkendara/IBK”. Survei ini berlangsung pada 15 Januari hingga 29 Februari 2016. Puncak acara dilaksanakan di Portable Kitchen & Lounge, Whiz Prime Hotel, Kelapa Gading, pada Rabu (23/3).
Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahagia diartikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tenteram bebas dari segala kesusahan. Melalui survei ini, OTOMOTIFNET.COM mencoba untuk mengajak audiens, khususnya pengguna mobil dan motor untuk menggambarkan kebahagiaan bersama kendaraannya. Tujuannya adalah mengetahui seberapa besar kebahagian serta kepuasan mereka dalam mengendarai mobil dan motor yang mereka miliki.
“Indeks Kebahagiaan Berkendara merupakan formulasi dari kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. Kondisi kendaraan, kondisi jalan yang dilalui, sampai perilaku pengendara lain, semuanya mempengaruhi seberapa besar kebahagiaan seseorang dalam berkendara,” papar Billy Riestianto selaku Editor in Chief OTOMOTIFNET.COM, di sela acara.
Koresponden yang turut serta pada survei tahun 2016 ini sebanyak 3.086 yang merupakan pengguna kendaraan motor dan mobil yang berusia lebih dari 18 tahun, 30 provinsi di Indonesia dengan profil pria dan wanita SES A sampai dengan C. Mereka cukup dengan menjawab semua pertanyaan yang diberikan pada situs OTOMOTIFNET.COM seputar kebahagiaan berkendara. Mereka pun berkesempatan mengikuti undian dengan hadiah menarik.
IKB kali ini dibagi menjadi 13 kategori sepeda motor, 16 kategori mobil, brand sepeda motor paling membahagiakan yang diraih oleh Yamaha, brand mobil paling membahagiakan diraih oleh Nissan, tipe sepeda motor paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Satria F150 berdasarkan perolehan persentase tertinggi 72,53%, dan tipe mobil paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Ertiga dengan persentase 70.89%. (tot)