Tuesday , 22 June 2021
Home / Auto / Indeks Kebahagiaan Berkendara Bisa Diukur!
Inilah para pememang IBK 2016 berfoto bersama panitia. Ist

Indeks Kebahagiaan Berkendara Bisa Diukur!

Jakarta, NextID – Untuk kedua kali OTOMOTIFNET.COM (OTOMOTIF Group, Kompas Gramedia) kembali mengadakan survei yang diberi nama “Indeks Kebahagiaan Berkendara/IBK”. Survei ini berlangsung pada 15 Januari hingga 29 Februari 2016. Puncak acara dilaksanakan di Portable Kitchen & Lounge, Whiz Prime Hotel, Kelapa Gading, pada Rabu (23/3).

Tim Daihatsu maju menerima penghargaan.  Ist
Tim Daihatsu maju menerima penghargaan. Ist

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahagia diartikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tenteram bebas dari segala kesusahan. Melalui survei ini, OTOMOTIFNET.COM mencoba untuk mengajak audiens, khususnya pengguna mobil dan motor untuk menggambarkan kebahagiaan bersama kendaraannya. Tujuannya adalah mengetahui seberapa besar kebahagian serta kepuasan mereka dalam mengendarai mobil dan motor yang mereka miliki.

“Indeks Kebahagiaan Berkendara merupakan formulasi dari kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. Kondisi kendaraan, kondisi jalan yang dilalui, sampai perilaku pengendara lain, semuanya mempengaruhi seberapa besar kebahagiaan seseorang dalam berkendara,” papar Billy Riestianto  selaku Editor in Chief  OTOMOTIFNET.COM, di sela acara.

 

Saat Honda dianugerahi penghargaan IKB 2016, didampingi pemenang lainnya.  Ist
Saat Honda dianugerahi penghargaan IKB 2016, didampingi pemenang lainnya. Ist

Koresponden yang turut serta pada survei tahun 2016 ini sebanyak 3.086 yang merupakan pengguna kendaraan motor dan mobil yang berusia lebih dari 18 tahun, 30 provinsi di Indonesia dengan profil pria dan wanita SES A sampai dengan C.  Mereka cukup dengan menjawab semua pertanyaan yang diberikan pada situs OTOMOTIFNET.COM seputar kebahagiaan berkendara. Mereka pun berkesempatan mengikuti undian dengan hadiah menarik.

Billy Riestianto  (kiri) memberikan sambutan sebelum acara dimulai.  Ist
Billy Riestianto (kiri) memberikan sambutan sebelum acara dimulai. Ist

 

IKB kali ini dibagi menjadi 13 kategori sepeda motor, 16 kategori mobil, brand sepeda motor paling membahagiakan yang diraih oleh Yamaha, brand mobil paling membahagiakan diraih oleh Nissan, tipe sepeda motor paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Satria F150 berdasarkan perolehan persentase tertinggi 72,53%,  dan tipe mobil paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Ertiga dengan persentase 70.89%.  (tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply