Home / LifeStyle / Leisure / Health / Wortel Tingkatkan Kualitas Sperma
Ilustrasi jus wortel

Wortel Tingkatkan Kualitas Sperma

Jakarta, NextID – Selama ini wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Ternyata, wortel juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria. Baru-baru ini, para peneliti melakukan penelitian buah-buahan dan sayur-sayuran yang meningkatkan kualitas sperma.

Menurut studi itu, wortel dapat memberikan efek “mortalitas” yang paling kuat terhadap sperma. Efek mortalitas adalah istilah untuk menunjukkan kemampuan sperma berenang menuju sel telur.

Menurut jurnal Fertility and Sterility, para peneliti melibatkan 200 pria yang mengikuti diet variasi buah dan sayuran. Kemudian, para peneliti memeriksa kualitas sperma para peserta untuk mengetahui dampaknya. Para peneliti menemukan makanan yang berwarna kuning dan jingga sangat baik untuk sperma. Efek itu adalah hasil dari pigmen karotenoid dan beta-karoten yang diubah tubuh menjadi antioksidan.

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi membantu menetralkan radikal bebas, kelompok atom yang dapat mudah berikatan dengan sel tubuh sehingga mempercepat penuaannya. Menurut studi, ubi dan melon dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Namun, wortel juga dapat meningkatkan performa sperma antara 6,5 dan 8 persennya.

Sementara itu, buah dan sayuran berwarna merah khususnya tomat mengandung senyawa anti-kanker likopen. Senyawa itu menurunkan jumlah sperma yang cacat antara 8 dan 10 persen. “Pada pria muda sehat, konsumsi karotenoid dikaitkan dengan sperma yang lebih mortal. Sementara itu, konsumsi likopen memperbaiki bentuknya,” kata para peneliti seperti dilansir Dailymail.

Sebelumnya, sebuah studi Harvard menunjukkan pria yang mengonsumsi makanan lemak jenuh memiliki jumlah sperma yang rendah dan buruk sedangkan pria yang makan lemak asam lemak omega-3 memiliki kualitas sperma yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

About Adam Rizal

Check Also

Dua Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Besarnya Penggunaan Air dan Polusi

Jakarta, NextID – – Hari Air Sedunia baru saja dirayakan dan “menutup keran air” telah …

Leave a Reply