Home / Auto / AHM “Dobel Serius” Bina Pebalapnya Hingga ke Level Dunia
Dua pebalap binaas Astra Honda Motor yang meraih prestasi. (NextID/Gatot Irawan)

AHM “Dobel Serius” Bina Pebalapnya Hingga ke Level Dunia

Jakarta, NextId – Melalui pembinaan balap sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mendukung pebalap binaannya ke berbagai kompetisi nasional sampai kelas dunia sebagai proses pembentukan pebalap kelas dunia. Langkah ini diharapkan akan mempercepat terwujudnya mimpi generasi muda Indonesia untuk masuk ke arena balaptertinggi, MotoGP.

Memasuki tahun ke-4 pembinaan balap berjenjang, AHM terus mempertajam komitmen dan kontribusinya dengan menyempurnakan setiap proses pembinaan yang dilakukan, mulai dari rekrutmen atau seleksi pebalap, latihan untuk para rider dan mekanik, hingga menyiapkan ajangperlombaan untuk para pebalap dan timbinaannya secara lebih terarah dan terstruktur di level nasional dan international.

Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya mengatakan AHM bertekad menyebarkan semangat Satu Hati dalam menciptakan generasi kebanggaan bangsa di dunia balap melalui program pembinaan balap berjenjang AHM. Para pebalap binaan AHM ini siap menoreh prestasi yang lebih tinggi di tahun ini.

“AHM akan terus berusaha memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian anak bangsa sehingga dapat meraih prestasi di ajang balap tertinggi di MotoGP. Kami optimis melalui semangat Satu Hati yang kami wujudkan dengan program pembinaan balap berjenjang AHM yang terstruktur, kamimampu membuat nyata mimpi anak bangsa tersebut,” ujarnya, Minggu (12/2).

Terinspirasi prestasi para pebalap Honda di ajang MotoGP, AHM bertekad dapat melahirkan pebalap kelas dunia melalui program pembinaan pebalap muda hingga aktivitas balap di Indonesia maupun internasional. Berlandaskan semangat balap tersebut, kiprah AHM di dunia balap dalam mencetak pebalap yang mempunyai pengetahuan, teknik balap dan kedisiplinan, serta sikap mental seorang profesional punsemakin kuat.

Dalam mewujudkan hal tersebut, AHM melakukan pembinaan paling dasar di Honda Racing School (HRS) yang telah dilakukan dari tahun 2010. Proses seleksi perekrutan 20 siswa balap berbakat di bawah usia 16 tahun ini dilakukan dari berbagai kegiatan balap di tanah air. Berlangsung di Sirkuit Sentul, mereka mengasah skill balapnya dengan menggunakan Honda CBR150R.

Hasil dari HRS tersebut, pada tahun ini 4 pebalap AHM akan bertanding di level internasional. Irfan Ardiansyah, Alif Akbar Utama, Dwiki Herdhiana Suparta dan Yassin Somma yang merupakan lulusan HRS 2015 akan turut mendampingi 4 pebalap binaan AHM lain yang sebelumnya sudah bernaung dalam bendera Astra Honda Racing Team (AHRT) yaitu Andi Izdihar atau yang biasa dikenal Andi Gilang, Gerry Salim, Dimas Ekkydan M Febriansyah. Sebanyak 8 pebalap binaan AHM yang bernaung dalam bendera AHRT ini akan bertanding di 7 kejuaraan balapinternasional di musim 2016.

Tahun ini untuk pertama kalinya, AHM mendukung pebalap binaannya Andi Gilang di CEV Moto3 Junior World Championship. Pada ajang balap binaan Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP tersebut, AHM juga untuk kedua kalinya mendukung Dimas Ekky pada kelas Moto2 European Championship. Dengan iklim lomba serta regulasi seperti MotoGP tersebut, kedua pebalap binaan AHM akan bersaing ketat dengan para pebalap berbakat dari berbagai negara lintas benua.

“Keikutsertaan pebalap binaan AHM pada level balap kelas dunia ini merupakan suatu pencapaian yang sangat menggembirakan bagi kami dan juga bagi pecinta balap di tanah air karena seperti kita ketahui, ajang balap tersebut telah melahirkan pebalap juara dunia seperti Marc Marquez. Oleh sebab itu, kami yakin hal ini dapat menjadi pintu bagianak bangsa Indonesia memasuki gerbang MotoGP,” ujarnya Margono.

Selain itu, AHM juga mengikutsertakan 6 pebalap binaan lainnya pada Suzuka 8 Hours Endurance Race serta 4 kejuaraan balap level Asia, yaitu Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas Supersport 600cc, Asia Dream Cup (ADC), Suzuka 4 Hours Endurance Race dan Asia Talent Cup binaan Dorna Sport penyelenggara MotoGP.  (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply