Home / LifeStyle / Leisure / Tips Memilih dan Membeli Koper
Ilustrasi perempuan memilih koper

Tips Memilih dan Membeli Koper

Jakarta, NextID – Koper adalah sahabat setia ketika ingin berpergian ke suatu tempat. Sayang, para pelancong tidak memiliki tips untuk membeli koper yang berkualitas. Pertama, sesuaikan ukuran koper dengan kapasitas barang yang akan dibawa. Koper memiliki ukuran sedang dan juga ukuran besar. Jika hanya berlibur sesaat, koper dengan ukuran kabin pesawat cukup untuk 2 hingga 3 hari perjalanan. Kedua, pilihlah bahan material koper yang awet dan kuat. Ada dua pilihan koper yaitu koper berbahan hardcase dan berbahan softcase. Kelebihan koper berbahan kaku (hardcase) adalah memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan, hanya saja beberapa koper berbahan hardcase rentan retak ketika proses pengangkutan di bandara.

Anda bisa memilih koper berbahan polycarbonate yang ringan dan tidak mudah retak. Untuk koper berbahan softcase, sebaiknya pilih koper yang berbahan ballistic nylon yang terkenal cukup awet dan tidak mudah sobek. Ketiga, pastikan gagang (handle), resleting, dan roda koper sesuai dengan rentang waktu perjalanan anda. Untuk gagang atau pegangan tas, anda bisa memilih koper yang terdiri dari dua bar daripada satu bar. Perhatikan juga, apakah keberadaan gagang mempengaruhi kapasitas penyimpanan di koper atau tidak.

Pilihlah koper dengan resleting berbahan logam sehingga tidak mudah rusak ketika terseret atau terbanting saat proses pengangkutan di bandara. Untuk roda koper, ada dua jenis yaitu dua roda (upright) dan empat roda (spinner). Koper jenis upright akan lebih mudah ditarik di atas permukaan yang tidak rata dan mudah bermanuver di antara keramaian. Sementara koper jenis spinner akan memudahkan penggunanya bergerak tanpa terpengaruh berat beban di koper dan tepat digunakan di permukaan jalan yang halus.

Keempat, perhatikan faktor keamanan koper anda. Anda harus memilih bahan dan resleting yang tidak mudah sobek dan rusak. Selanjutnya, ada sebaiknya anda mengunci atau mengembok koper untuk menjamin keamanan koper anda dari tangan-tangan jahil. Saat ini, koper-koper dengan standar keamanan internasional sudah ada di pasaran dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved).

Para petugas bandara berhak memeriksa setiap bagasi yang dibawa penumpang jika dicurigai membawa sesuatu. Kunci dengan standar TSA akan memudahkan petugas bagasi di bandara membuka koper anda untuk keperluan pemeriksaan tanpa harus merusak kunci koper secara paksa.

Kelima, anda harus mengenali bentuk dan warna koper anda dengan baik. Banyakny produk koper dengan bentuk dan warna yang sama membuat potensi tertukar koper di bandara semakin besar. Untuk itu, pilihlah warna koper yang tidak ada di pasaran. Jika tidak, anda bisa memberi tanda atau identitas seperti pita atau label nama (luggage tag) di koper anda.

About Adam Rizal

Check Also

Inilah Deretan Merek Mobil Baru yang Siap “Goyang” GIIAS 2024

Jakarta, NextID –  GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, pameran tahunan yang dinanti-nantikan oleh …

Leave a Reply