Monday , 27 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Makanan Pencegah Kanker dan Stroke
Ilustrasi perempuan makan wortel

Makanan Pencegah Kanker dan Stroke

Jakarta, NextID – Kanker merupakan mimpi buruk setiap orang lantaran kanker sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Namun, anda dapat mengurangi risiko kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat termasuk memotivasi diri sendiri dengan pikiran positif dan mengonsumsi makanan sehat. Berikut makanan sehat yang dapat mengurangi risiko kanker seperti dilansir Times of India :

Kubis
Kubis mengandung senyawa Indole-3-carbinol yang bisa melawan estrogen sebagai pemicu kanker payudara. Indole-3-carbinol bisa mengubah efek berbahaya dari estrogen menjadi senyawa yang bermanfaat.

Kembang kol
Kembang kol mampu mengurangi risiko terjadinya kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, dan kanker ovarium. Kembang kol juga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Sayuran itu juga memiliki kandungan antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Jamur
Jamur merupakan sumber makanan yang baik untuk vitamin B dan zat besi. Jamur juga baik untuk melawan diabetes, mencegah tumor, melawan alergi, menghentikan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur memiliki kandungan antioksidan yang mengatasi efek samping dari kemoterapi dan radiasi.

Brokoli
Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mencegah perkembangan tumor. Bagian terbaik dari brokoli untuk melawan kanker adalah tunasnya.

Wortel
Konsumsi wortel bisa melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker perut, kanker usus, kanker kandung kemih, kanker prostat dan kanker payudara.

Ubi jalar
Ubi jalar mengandung antioksidan yang dapat melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker empedu botak, kanker ginjal, kanker hati dan kanker payudara.

Anggur
Biji anggur mengandung proanthocyanidins yang membantu melawan kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara.

Tomat
Tomat sangat kaya vitamin A, C, dan E. Selain itu, tomat memiliki kandungan antioksidan likopen yang merupakan senjata ampuh dalam memerangi kanker. Antioksidan Tomat mampu melawan radikal bebas dan sel-sel kanker. Vitamin C juga mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Pepaya
Pepaya mengandung senyawa beta karoten dan likopen yang efektif memerangi radikal bebas.

Bawang putih
Bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, kanker usus besar, kanker kerongkongan, kanker pankreas dan kanker payudara.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply