Thursday , 23 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Surga Bawah Laut Indonesia
keindahan wakatobi

Surga Bawah Laut Indonesia

Jakarta, NextID – Indonesia adalah negara kepulauan yang menyimpan sejuta keindahan. Banyak para wisatawan yang pelisir ke Indonesia untuk menikmati keindahan pulau yang eksotis, asri dan seksi. Cuaca Indonesia yang tropis menjadi kelebihan sendiri bagi para turis yang ingin berjemur di pinggir pantai.

Tak ketinggalan, kepulauan Indonesia memiliki surga bawah laut yang Indah dengan flora dan fauna yang siap memanjakan para penyelam. Berikut daftar pulau di Indonesia yang cocok untuk menyelam seperti dilansir HotelsCombined, pencari dan pembanding harga hotel terbaik di dunia :

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Untuk bisa mencapai Raja Ampat, anda harus membeli tiket pesawat ke Sorong dari Jakarta dengan waktu penerbangan 6 jam dan transit di Makassar atau Manado. Setelah tiba di Sorong, Anda harus menaiki kapal dengan jarak tempuh selama 3 jam. Anda bisa tinggal di resort atau tinggal di sebuah kapal pinisi yang sudah dimodifikasi. Untuk menikmati wisata Raja Ampat selama sepekan dengan kapal pinisi, anda harus membayar lebih dari Rp. 100 juta dengan kapasitas penumpang 14 orang. Untuk pilihan hotel, Anda dapat menginap di Aston Niu Manokwari dengan harga mulai Rp. 600.000 saja.

Raja Ampat 4
Raja Ampat 4

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Untuk menikmati keindahan bahari Derawan, anda harus menyelam ke bawah laut-nya. Anda juga bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan. Kehidupan bawah laut di Derawan sangat indah, anda dapat  menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, dan ubur-ubur stingless. Ikan hiu Derawan merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dan tak hanya itu, beberapa spesies unik dan dilindungi ada di sini, kepiting kepala, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung.

Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Wakatobi dengan tujuan Kendari. Kemudian anda melanjutkan dengan kapal langsung ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi. Kapal reguler menuju Pulau Wangi-Wangi berangkat tiap pagi pukul 10.00 dan akan tiba di tujuan sekitar 10 sampai 12 jam kemudian. Dari Wangi-Wangi, perjalanan ke pulau-pulau lain bisa ditempuh dengan perahu-perahu sewaan atau perahu reguler yang sederhana, tetapi cukup aman. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi adalah dari April-Juni dan Oktober-Desember setiap tahun. Beberapa kegiatan yang pasti bisa anda lakukan di sini mulai dari menyelam, snorkeling, dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai biota laut.

Wakatobi 7
Wakatobi 7

Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

Pulau Tidung kini menjadi tempat wisata prestis bagi para wisatawan baik asing maupun domestik. Pulau tidung memiliki desiran angin pantai nan sepoi, biru airnya nan jernih, dan terutama terumbu karang yang mempesona. Untuk mencapai ke Pulau Tidung, satu-satunya prasarana transportasi adalah menggunakan sarana kapal seperti Kapal Ferry (dari Pel. Angke) dan Kapal Cepat (dari Pel. Kaliadem di Angke). Wisata Pulau Tidung yang menjadi favorit adalah wisata Terumbu Karang dan aktivitas Watersport seperti snorkeling dan diving.

Kepulauan Gili Trawangan, Lombok

Keindahan dunia bawah laut di pulau-pulau Gili Trawangan akan menguras isi dompet anda. Jadi, anda harus memersiapkan anggaran khusus untuk menyewa peralatan dan instruktur menyelam. Selama musim liburan antara Juni-Agustus, pulau-pulau di Gili sangat ramai oleh wisatawan. Jadi anda harus membuat reservasi setidaknya empat bulan sebelumnya. Sebelum berangkat ke pulau itu, ada baiknya anda mengecek situs HotelsCombined karena tempat wisata itu memiliki 235 hotel dan resort. Jelajahi keindahan kehidupan bawah laut dan snorkel di koral-koral yang berwarna biru. Koral jenis itu hanya dapat anda temukan di pulau-pulau Gili dan Laut Karibia. Anda bisa menjelajahi Turtle Point di Gili Meno, sebuah tempat terbaik untuk melihat penyu laut. Anda dapat menemukan ikan hiu putih, mantarays dan penyu ketika menyelam di kedalaman 18-20 m di Dinding Meno,Gili Trawangan. (HotelsCombined/adm)

About Adam Rizal

Check Also

Dari Tiada Menjadi Ada

Jakarta, NextID – Sepanjang masa pendemi kurang lebih dua tahun banyak pertanyaan yang dilontarkan seputar …

Leave a Reply