Tuesday , 30 November 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Rahasia Hidup 10 Tahun Lebih Muda
Perempuan cantik di usia 60

Rahasia Hidup 10 Tahun Lebih Muda

Jakarta, NextID – Ternyata, menerapkan pola hidup sehat dapat memberikan banyak keuntungan dan membantu anda tetap awet muda. Individu yang suka merokok, minum alkohol, malas olahraga dan melakukan diet yang tidak sehat, memiliki risiko kematian 2,5 kali lipat lebih besar, daripada seseorang yang menerapkan gaya hidup sehat.

“Gaya hidup sehat dapat membantu anda tetap 10 tahun lebih muda,” kata Dokter Eva Martin Diener dari University of Zurich seperti dikutip Times of India.

Dalam studi itu, peneliti menganalisis data Swiss National Cohort (SNC) terhadap empat faktor risiko dengan melibatkan 16.721 peserta yang berusia antara 16-90 tahun. Hasilnya, merokok merupakan risiko yang paling berbahaya, dibandingkan dengan kelompok non-perokok, perokok memiliki risiko 57 persen lebih tinggi dari kematian dini

Sementara, dampak dari diet yang tidak sehat, jarang olahraga dan penyalahgunaan alkohol memiliki risiko kematian sekitar 15 persen untuk masing-masing faktor. Probabilitas seorang pria 75 tahun yang tak memiliki empat faktor risiko dapat bertahan hidup 10 tahun lebih muda sebanyak 67 persen. Sementara, untuk wanita dengan angka 74 persen. “Kami sangat terkejut dengan 2,5 kali lipat risiko lebih tinggi ketika semua empat faktor risiko digabungkan,” katanya.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply