Home / Auto / Mampukan Pebalap AHRT Juara di Asia Talent Cup?
Inilah para pebalap muda yang siap bertarung di Asia Talent Cup 2016. Ist

Mampukan Pebalap AHRT Juara di Asia Talent Cup?

Jakarta, NextID – Enam pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) mulai menjalani latihan intensif menjelang tes pramusim kejuaraan balap Asia Talent Cup (ATC) 2016 di sirkuit Sepang, Malaysia. Melalui kejuaraan ini, para pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini bertekad kembali mengharumkan nama bangsa dengan mengibarkan Merah Putih di podium tertinggi.

Serangkaian latihan secara intensif dilakukan pebalap AHRT di sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 2 Februari 2016. Latihan difokuskan pada kemampuan dan kecepatan beradaptasi dengan menggunakan motor jenis sport.  Untuk mengasah adaptasi jenis sport di sirkuit, mereka dilatih menggunakan Honda CBR150R.

Sedangkan untuk pengenalan karakter motor serta posisi duduk, menggunakan Honda GP Mono. Latihan intensif merupakan persiapan sebelum seleksi pebalap pada tes pramusim ATC 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 9-10 Februari.

Keenam pebalap AHRT yang akan berlaga di ATC tahun ini adalah Gerry Salim, Andi Farid Izdihar atau yang biasa dikenal sebagai Andi Gilang, Irfan Ardiansyah, Dwiki Hardhiana, Alif Akbar Utama dan Faldan Novayaser Mardani. Para pebalap muda ini merupakan hasil tempaan Honda Racing School yang disiapkan AHM untuk membina para pebalap muda Tanah Air sejak usia dini.

ATC sendiri merupakan ajang balap yang diselenggarakan oleh Dorna Sports sebagai penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari bibit-bibit unggul pebalap muda dari Asia. ATC diikuti oleh 7 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Jepang, Thailand, China, Australia, dan Filipina. Pada ajang ATC ini, setiap pebalap menggunakan motor sport berspesifikasi Moto3, Honda NSF 250R.

ATC menggelar dua kali pertandingan di setiap seri. Setiap pebalap mengumpulkan akumulasi poin untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri. Dalam menyeleksi pebalap terbaik di Asia, Dorna Sport bersama Alberto Puig yang telah berhasil menemukan bakat balap Dani Pedrosa dan Casey Stoner memperhatikan berbagai aspek yaitu skill, style balap, konsistensi, kecepatan, potensi, dan progres tiap balapan.

Para pebalap AHRT yang lolos tes pra musim ATC 2016 dapat mengikuti rangkaian 6 seri balap kejuaraan ini di Sirkuit Chang – Thailand (11-13 Maret), Sirkuit Losail – Qatar (17-20 Maret), Sirkuit Sepang – Malaysia (13-15  Mei), Sirkuit Zhuhai – Cina (16-19 September), Sirkuit Twin Ring Motegi – Japan (14-16 Oktober) dan ditutup di Sirkuit Sepang – Malaysia (28-30 Oktober).

GM Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra, mengungkapkan latihan intensif yang digelar AHM merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan kecepatan adaptasi karakter motor balap Asia Talet Cup bagi para pebalap AHRT.

“Sesuai dengan komitmen kami, AHM terus mendukung pembinaan dan pematangan kompetensi pebalap muda di Indonesia untuk meraih mimpi mereka di ajang balap internasional. Kami berharap semakin banyak pebalap-pebalap muda Indonesia yang berkiprah dan mencetak prestasi di kancah balap internasional dan kelak  Merah Putih akan berkibar di podium paling tinggi puncak balap MotoGP,” ujar Indraputra, Kamis 11/2).

Tidak Mudah

Ada baiknya kita simak apa kata pebalap AHRT. Irfan Ardiansyah, Dwiki Herdhiana Suparta dan Alif Akbar Utama secara kompak mengatakan, mereka mendapat pelajaran berharga dalam pre test. Ini adalah pertama kali mereka balap dengan motor balap yang sesungguhnya, dan pertama kali juga turut dalam ajang bertaraf international.

Untuk melatih kebiasaan sebelum tanding, para pebalap AHRT menggunakan motor sport CBR 150R. Ist
Untuk melatih kebiasaan sebelum tanding, para pebalap AHRT menggunakan motor sport CBR 150R. Ist

“Tidak mudah tentu karena harus bersaing dengan pebalap dari berbagai negara. Kami akan menyiapkan diri agar bisa meraih hasil maksimal di seri pertama Thailand bulan depan. Selain menyiapkan mental, fisik serta mengasah ketrampilan menggunakan motor sport,” ungkapnya.

Sementara itu Andi Gilang dan Gerry Salim, mengatakan, target mereka di tahun kedua ini diharapkan memberikan hasil terbaik dengan meraih juara.  “Kami optimistis dengan bekal pengalaman tahun lalu, untuk bisa meraih hasil gemilang tahun ini,” kata Andi Gilang.

Kami akan berusaha raih poin maksimal di setiap race dan menghindari crash ataupun melakukan kecerobohan yang berakibat kehilangan poin,” timpal Gerry Salim. (tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply