Tuesday , 22 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Gampang Sakit-Sakitan, Ini Penyebab Imunitas Tubuh Menurun
Ilustrasi polusi udara

Gampang Sakit-Sakitan, Ini Penyebab Imunitas Tubuh Menurun

Jakarta, NextID – Penurunan sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas dapat meningkatkan resiko terserang pelbagai macam seperti influenza hingga virus HIV. Pada dasarnya, tubuh memiliki sistem kekebalan alamiah tetapi gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak seimbang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun.

Gejala-gejala sistem imunitas menurun yaitu proses pemulihan diri yang lambat, rasa lelah terus menerus meski cukup beristirahat, mata berair dan nyeri otot konstan.

Beberapa hal yang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh antara lain :

1. Polusi Udara

Menghirup polusi dapat mengganggu kesehatan anda terutama pernasapan. Hal itu akan menurunkan sistem kekebalan di dalam tubuh anda. Gunakanlah masker, jika ingin berpergian.

2. Terlalu Lama Duduk

Kebanyakan duduk dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Rendahnya metabolisme menyebabkan tubuh menjadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting bagi sistem imun.

3. Kurang Tidur

Ketika anda kurang beristirahat, tubuh kurang memproduksi melatonin yang cukup. Akibatnya, sistem imunitas tubuh tidak dapat memproduksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan memperbaiki kerusakan dalam sel-sel tubuh.

5. Terlalu Banyak Protein Hewani

Kelebihan protein dalam tubuh khususnya hewani dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Hormon itu mempercepat penuaan di tubuh dan mengurangi ketahanan sistem imun.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply