Wednesday , 20 October 2021
Home / Auto / Toyota pada 2015 Terjual 321.818 Unit
Sejauh ini Avanza masih menjadi kontributor penjualan terbesar bagi Toyota. Ist

Toyota pada 2015 Terjual 321.818 Unit

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader di tengah lesunya pasar otomotif nasional dan persaingan yang semakin ketat sepanjang 2015. TAM mencatatkan total penjualan whole sales sebanyak 321.818 unit dengan market share 31,8%.

“Meski sama-sama menghadapi situasi perekonomian yang kurang mengembirakan, kepercayaan konsumen terhadap Toyota masih sangat kuat sehingga kami bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar sesuai target dan masih sangat mengembirakan,” ucap Vice President Director TAM, Henry Tanoto, Kamis (14/1).

Menurutnya, di tahun 2015 merupakan periode yang berat bagi industri otomotif nasional. Hal itu terlihat dari pencapaian market secara total di mana penjualan mobil sepanjang 2015 merupakan yang terendah dalam 4 tahun terakhir atau sejak 2012.

Berdasarkan data Gaikindo, pada 2012 untuk pertama kali pasar otomotif nasional berhasil menembus angka 1 juta yaitu mencapai 1,116 juta unit,  kemudian naik menjadi 1,229 juta unit pada 2013 dan 1,208 juta unit pada 2014.

Sementara itu, dari data pasar ritel penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2% dari total penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Avanza Terlaris

Pada penjualan ritel, kontribusi terbesar dari segmen kendaraan Multy Purpose Vehicle (MPV) dengan total penjualan mencapai 181.730 unit dengan pangsa pasar 48,7%.  Di segmen ini, Avanza berhasil mempertahankan posisi sebagai mobil terlaris dengan angka penjualan 133.153 unit.

Dengan angka penjualan tersebut, Avanza berhasil menguasai 45,7% penjualan di segmen low MPV. Khusus di Desember 2015,  Avanza bahkan mencatatkan angka penjualan ritel hampir 16.000 unit, yang merupakan penjualan tertinggi MPV tersebut sepanjang 2015.

Sementara itu, Toyota Innova juga menjadi backbone lainnya di segmen MPV dengan total penjualan ritel 45.411 unit dan menguasai pangsa pasar 87,1% dari total penjualan di segmen medium MPV. Sejak diluncurkan pada 23 November hingga akhir Desember 2015, All New Kijang Innova mampu membukukan SPK hampir 13.000 unit.

Masih dari penjualan ritel, di segmen luxury MPV, angka penjulan Alphard tercatat mengalami pertumbuhan sangat signifikan menjadi 2.673 unit dengan pangsa pasar 83,5% dan di segmen high MPV – NAV1 membukukan penjualan 493 unit dengan pangsa pasar 10,9%.

Sementara itu, di segmen Hatchback, total penjualan Toyota tercatat 80.700 unit yang berasal dari penjualan Agya, Etios, dan Yaris yang berhasil menjadi andalan Toyota di segmen masing-masing.

Agya berhasil mempertahankan posisi sebagai mobil terlaris di segmen entry Hatchback dengan angka penjualan 56.583 unit sehingga memberikan kontribusi sekitar 38,8% terhadap pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang menjadi program pengembangan industri otomotif nasional oleh pemerintah.

Adapun Toyota Yaris menjadi mobil dengan penjualan mobil tertinggi di segmen medium  Hatchback dengan angka 18.372 unit dengan pangsa pasar 39,1%. Sementara penjualan Toyota Etios tercatat 5.745 unit dengan pangsa pasar 16,5%.

Untuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) total penjualan mencapai 38.178 unit dengan pangsa pasar 29,4%. Angka ini berasal dari penjualan Rush dan Fortuner masing-masing sebanyak 26.422 unit dan 11.756 unit.

Di segmen Sedan, TAM membukukan total penjualan ritel 8.802 unit dengan pangsa pasar  51,1%. Di segmen entry Sedan, angka penjualan Toyota Vios sebesar 1.510 unit dan Limo 4.569 unit berhasil menguasai pasar sedan private dan public dengan pangsa pasar masing-masing 44,5% dan 96,7%.

Di lain pihak, di segmen low Sedan penjualan  Corolla Altis tercatat sebanyak 1.239 unit denganmarket shares 58,7% dan sedan medium Camry 1.419 unit dengan market shares 58,4%. (tot)

 

 

About Gatot Irawan

Check Also

Sambut World Superbike di Indonesia, IMI dan Dyandra Promosindo Tawarkan Paket “Sultan”

Jakarta, NextID –  Gelaran ajang balap motor internasional, World Superbike (WorldSBK) akan menyambangi Indonesia sebagai destinasi akhir …

Leave a Reply