Tuesday , 19 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Stroberi Turunkan Kolestrol Jahat
Perempuan makan strawberry

Stroberi Turunkan Kolestrol Jahat

Jakarta, NextID – Tentunya semua orang tentunya tahu buah stroberi tetapi jarang orang yang ingin memakannya karena rasanya yang sedikit asam. Namun, stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Italia dan Spanyol, stroberi dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Mereka mengatakan satu stroberi membuat 23 partisipan lebih sehat dalam sebulan.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan jumlah total kolesterol, LDL (Low-density Lipoprotein atau kolesterol jahat), dan jumlah trigliserida turun menjadi 8,78 persen. Sedangkan, 13,72 persen dan 20,8 persen masing-masing The High-Density Lipoprotein (HDL atau kolesterol baik) tetap tidak berubah.

Para ilmuwan juga mengatakan stroberi juga dapat meningkatkan parameter lain seperti plasma lipid, biomarker antioksidan seperti vitamin C atau kemampuan oksigen menyerap radikal bebas dan fungsi trombosit. “Stroberi tidak hanya memiliki antioksidan kuat, tetapi juga stroberi mengatasi faktor risiko penyakit kardiovaskular,” kata Peneliti dari the Università Politecnica delle Marche (UNIVPM), Maurizio Battino, dikutip Newsmaxhealth.

Namun, para peneliti belum mengetahui senyawa yang memberikan efek positif dari stroberi. Namun, para peneliti percaya bahwa anthocyanin, yaitu pigmen warna pada sayuran dan buah yang memberikan efek positif tersebut. (Newsmaxhealth/adm)

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply