Wednesday , 23 June 2021
Home / Auto / Keuntungan Ban Nitrogen
Ban Nitrogen

Keuntungan Ban Nitrogen

Jakarta, NextID – Saat ini hampir semua SPBU menawarkan fasilitas tambal dan isi nitrogen untuk ban kendaraan. Sebelumnya, ban pesawat ulang-alik, pesawat terbang komersil, mobil balap, kendaraan militer, truk, bahkan mobil-mobil off-road sudah menggunakan nitrogen. Tentu saja, ban nitrogen menawarkan lebih banyak manfaat daripada ban oksigen. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami manfaat ban nitrogen. Berikut, manfaat menggunakan ban nitrogen.

Stabiltas

Dengan menggunakan nitrogen, tekanan angin pada ban akan menjadi lebih stabil karena partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen, sehingga lebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

Efisiensi

Ban nitrogen juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Jika tekanan angin pada ban optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit hingga 3,3 persen.

Pengendalian

Telapak ban nitrogen lebih menempel secara merata pada permukaan jalan sehingga lebih mudah dikendalikan. Tak hanya itu, ban juga memiliki daya cengkeram lebih baik sehingga lebih aman di berbagai kondisi jalan, baik kering maupun basah.

Temperatur

Suhu nitrogen lebih rendah dibanding oksigen. Dengan nitrogen, maka suhu udara di dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun, sehingga ban tidak akan meletus akibat kepanasan.

Usia

Penggunaan oksigen pada ban dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat tua dan keras karena proses oksidasi. Apalagi, jika kualitas karet ban kurang baik. Jadi penggunaan nitrogen untuk ban produksi Indonesia sangat bermanfaat. Pabrik ban di Indonesia rata-rata hanya memberikan garansi antara 3-5 tahun. Sedangkan ban impor, rata-rata bergaransi pabrik hingga 10 tahun.

Tidak Karatan

Saat ini rata-rata ban menggunakan penguat kawat baja (steel belted). Ketika ban bocor dan ditambal lalu diisi oksigen, maka dapat menyebabkan kawat baja pada ban berkarat. Hal itu dikarenakan oksigen mengandung air dan dapat berubah menjadi titik-titik air pada saat suhu ban naik atau panas. Sedangkan, nitrogen tidak mengandung air sehingga penggunaannya justru mencegah terjadinya korosi. Pentil ban tubeless juga dapat berkarat akibat kandungan air pada oksigen.

About Adam Rizal

Check Also

Keren, Beli DFSK Glory Series Bawa Pulang ‘Road Bike’

Jakarta, NextID – DFSK selalu menghadirkan kemudahan-kemudahan kepemilikan kendaraan serta kejutan yang sangat menarik di …

Leave a Reply