Wednesday , 22 September 2021
Home / Tech / Gadget / iPhone terbaru bisa internetan secepat cahaya
Ilustrasi iPhone 6

iPhone terbaru bisa internetan secepat cahaya

Jakarta, NextID – Saat ini para pabrikan teknologi sedang mengembangkan dan menguji teknologi jaringan Internet LiFi. Namun, Apple sudah selangkah lebih maju dan akan membenamkan teknologi LiFi pada smartphone iPhone terbarunya. Hal itu terlihat dari pada spesifikasi sistem operasi iOS 9.1 yang sudah mengadopsi jaringan LiFi.

LiFi adalah standardisasi yang akan menjadi penerus WiFi. Jika WiFi menggunakan sinyal radio, LiFi menggunakan cahaya untuk mengirimkan data. Kecepatan LiFI bisa 100 kali lebih kencang dari WiFi tradisional atau mencapai kecepatan 1 Gbps. Secara teoritis, teknologi LiFi bisa mencapai kecepatan transfer data sebesar 224 Gbps.

Profesor Harald Haas dari Universitas Edinburgh adalah sosok yang mempopulerkan istilah LiFi untuk pertama kali di konferensi TED pada 2011. Haas mendemostrasikan sebuah video streaming yang menggunakan sebuah bola lampu LED. “Di masa depan, miliaran bola lampu bisa dijadikan hotspot nirkabel,” katanya.

Keunggulan utama LiFi dibanding WiFi yaitu tidak menggunakan sinyal radio sehingga tidak akan mengganggu jalur komunikasi lainnya. Sayang-nya LiFi juga punya kelemahan, LiFi tidak bisa digunakan di luar ruangan yang terkena sinar matahari karena akan mengganggu transmisi sinyalnya.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply