Thursday , 6 October 2022
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Dingin Bikin Hidung Tersumbat
Hidung tersumbat
Hidung tersumbat

Dingin Bikin Hidung Tersumbat

Jakarta, NextID – Salah satu dampak musim hujan yang terus berlangsung, yakni menyebabkan hidung tersumbat. Memang banyak penyebab hidung tersumbat, seperti peradangan (inflamasi/infeksi), kelainan anatomi (tulang hidung bengkok, pembesaran kelenjar konka), tumor (polip, tumor jinak, tumor ganas), polusi udara, asap, zat kimia.

“Peradangan menyebabkan hidung tersumbat karena pembesaran kelenjar konka sehingga volume hidung mengecil. Peradangan bisa karena infeksi virus, bakteri, jamur atau alergi,” ungkap  Direktur RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi Hably Warganegara SpTHT-KL, Minggu (24/1) di Jakarta.

Hably menjelaskan, hidung tersumbat sangat menyebalkan. Ghalibnya, penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja sejak anak-anak hingga lanjut usia. Membiarkan hidung tersumbat dalam waktu lama menyebabkan sinusitis, sakit kepala, gangguan tidur atau ngorok.

“Pengobatan hidung tersumbat adalah dengan mencari penyebabnya. Bila karena infeksi bakteri maka diperlukan antibiotik, bila karena alergi maka dicari penyebab alergi dan diterapi, tulang hidung bengkok dilakukan operasi.  Jika tidak ada perubahan, maka segera ke dokter THT,” pintanya

About Murizal Hamzah

Check Also

Petualangan Manis ke Lembah Madu di Sukahati, Bogor

Jakarta, NextID – Perjalanan hidup adalah “petualangan” dengan berbagai kadar. Dan kali ini kami menyusuri …

Leave a Reply