Tuesday , 19 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Toyota Bikin “Semanggi Bersih” di Car Free Daya

Toyota Bikin “Semanggi Bersih” di Car Free Daya

Upaya Toyota patut diacungi jempol. Pasalnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar gerakan “Semanggi Bersih” yang merupakan lanjutan dari program Toyota Car for Tree, bersamaan dengan acara Car Free Day (CFD) pada Minggu (22/11).  “Semanggi Bersih” adalah kegiatan yang mengajak dan melibatkan masyarakat dan peserta Car Free Day (CFD) untuk melakukan satu kegiatan positif  bersama.

Sebelumnya, acara yang sama sudah pernah digelar untuk pertama kali pada 8 November 2015 dan mendapatkan animo yang cukup besar dari para anggota Toyota Community, sukarelawan lingkungan, maupun masyarakat umum. Direktur PT Toyota-Astra Motor, Darmawan Widjaja, dalam kesempatan terpisah – Senin (23/11) menyebutkan  acara ini diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat Jakarta, khususnya peserta CFD, untuk semakin tergugah dalam menjaga kelestarian kawasan Taman Semanggi yang menjadi salah satu ikon Kota Jakarta.

Sebagaimana diketahui, permasalahan sampah di kota-kota besar merupakan isu terbesar saat ini. CFD yang merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi kadar emisi kendaraan bermotor dalam pelaksanaannya tidak didukung oleh perilaku sadar lingkungan oleh pesertanya. Setiap usai berlangsungnya CFD pada Minggu pagi, sepanjang kawasan Semanggi dan sekitarnya selalu terdapat banyak sampah yang berserakan. Selain di jalan, sampah juga banyak terdapat di dalam areal Taman Semanggi yang saat ini juga berfungsi sebagai paru-paru bagi kawasan tersebut.

“CFD sejalan dengan program kelestarian lingkungan Pemprov DKI Jakarta menghadirkan taman-taman yang hijau sebagai paru-paru kota untuk mengurangi dampak polusi udara Jakarta akibat emisi kendaraan bermotor. Sehingga kami menghimbau masyarakat peserta CFD mendukung pelaksanaan Semanggi Bersih ini,” kata Darmawan.

Selain melibatkan masyarakat peserta CFD, penyelenggaraan “Semanggi Bersih” juga didukung oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Toyota Community, serta para sukarelawan lingkungan dari Jakarta Osoji Club. Pada acara yang dimulai pukul 07.00 – 10.00 pagi, para perwakilan Toyota Community, sukarelawan Jakarta Osoji Club, serta Semanggi volunteers, membagikan kantong plastik sampah dan sarung tangan kepada peserta CFD di sekitar Plaza Semanggi dan Area Taman Semanggi Toyota.

Toyota Car for Tree pertama kali diluncurkan pada Juli 2010. Tahapan pertama diwujudkan dalam pembangunan Toyota Eco Island yang bekerja sama dengan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, yang peresmiannya bertepatan dengan perayaan 40 tahun Toyota Indonesia pada April 2011.

Sementara itu, Taman Semanggi merupakan kontribusi TAM dalam menyukseskan program Pemerintah DKI Jakarta mendukung revitalisasi taman dan area publik. Taman di atas lahan seluas 4,9 hektar tersebut menghabiskan dana hingga Rp 6 miliar yang berasal dari dana CSR Perusahaan.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Identitas Merek Pelaku UMKM Tetap Terjaga di “Tokko”

Bandung, NextID – Pada Sabtu (25/9) platform digital Tokko resmi diluncurkan. Hadir Gubernur Jawa Barat …

Leave a Reply