Home / LifeStyle / Leisure / Health / Bahaya Keseringan Minum Kopi
Ilustrasi Perempuan Minum Kopi 1

Bahaya Keseringan Minum Kopi

Secangkir kopi adalah sahabat terbaik ketika di pagi hari. Kebiasaan itu tidaklah salah, secangkir kopi dapat membangkitkan semangat dan mengusir kantuk. Bahkan, minum kopi juga menyehatkan jantung , mengurangi risiko kanker payudara, penyakit parkinson, dan depresi. Hanya saja, jika anda meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan, maka kopi bisa meningkatkan risiko kematian, terutama bagi mereka yang berusia muda.

Sebuah jurnal kesehatan Mayo Clinic Proceedings mengungkapkan orang yang berusia di bawah 55 tahun dan meminum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kematian 50 persen lebih besar daripada mereka yang tidak. Para peneliti menganalisis data dari sekitar 43.000 peserta. Mereka meminta peserta untuk menjawab kuesioner yang berisi gaya hidup dan riwayat kesehatan keluarga antara tahun 1979 dan 1998. Setelah diikuti 17 tahun kemudian, 2.512 orang dari para peserta itu meninggal dunia. Studi itu menyimpulkan peserta yang merupakan peminum berat kopi cenderung meninggal lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak.

Ketua Studi Penelitian dari Departemen Biostatistik dan Epidemiologi Universitas South Carolina, AS, Junxiu Liu mengatakan pria atau wanita yang mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan mati muda atau di bawah 55 tahun. Namun, kebiasaan itu (minum kopi) tidak berdampak bagi mereka yang memiliki usia lebih dari 55 tahun. Para peneliti belum dapat menemukan alasan mengapa dampak meminum kopi secara berlebihan tidak telalu berpengaruh kepada mereka yang berusia tua.

Namun, Ahli Gizi Klinik dari Mount Sinai Medical Center New York, Rebecca Solomon mengatakan biasanya peminum kopi kelas berat yang masih berusia muda juga melakukan kebiasaan negatif lainnya sehingga lebih berdampak buruh pada kesehatan mereka. “Peminum kopi kelas berat cenderung juga merokok dan minum alkohol. Selain itu, kafein dalam kopi dapat membuat dehidrasi. Jika mereka tidak minum cukup air, maka dampaknya akan buruk,” katanya.

Solomon melanjutkan orang yang minum 28 cangkir kopi setiap minggunya cenderung memiliki kebiasaan tidur yang tidak sehat. Padahal, banyak studi membuktikan, kurang tidur memberikan dampak buruk seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, dan gangguan kesehatan lain. “Kafein jika dikonsumsi berlebihan dapat memberikan efek negatif,” katanya seperti dilansir Everyday Health.

Solomon menyarankan, pengurangan konsumsi kopi perlu dilakukan secara bertahap. Jika terbiasa minum kopi sebanyak empat cangkir atau lebih, anda harus menguranginya menjadi tiga. Setelah cukup terbiasa, kurangi lagi menjadi dua, dan seterusnya. Pengurangan meminum kopi yang mendadak dapat mengakibatkan kepala pusing yang berlebihan.

About Adam Rizal

Check Also

Dua Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Besarnya Penggunaan Air dan Polusi

Jakarta, NextID – – Hari Air Sedunia baru saja dirayakan dan “menutup keran air” telah …

Leave a Reply