Tuesday , 22 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Yuk ! Sambut Liburan Akhir Tahun
241015 - Travel - Foto Liburan Akhir Tahun

Yuk ! Sambut Liburan Akhir Tahun

Siapa pun akan menanti-nanti liburan akhir tahun yang akan datang dua bulan lagi. Salah satu kegiatan yang spesial untuk mengisi pergantian tahun adalah jalan-jalan bersama keluarga, pacar atau teman baik ke luar negeri atau luar kota. Sebelum jalan-jalan baca dulu lima persiapan liburan akhir tahun agar makin berkesan!. Berikut beberapa persiapan penting untuk liburan akhir tahun seperti dilansir SH dari berbagai sumber, Kamis (22/10) :

1. Susun Jadwal perjalanan

Sebaiknya, anda menyusun jadwal perjalanan dari jauh-jauh hari karena dapat membantu anda dalam memanfaatkan waktu liburan sehingga seperti memaksimalkan obyek-obyek wisata.

2. Tentukan tempat wisata

Sebaiknya anda menentukan tempat tujuan wisata secepatnya. Jika anda menentukan tempat wisata menjelang pergantian tahun baru, anda akan semakin sulit untuk menemukan tempat penginapan dan transportasi.

3. Pesan tiket transportasi dan booking hotel

Setelah menentukan tempat wisata, anda bisa langsung memesan tiket transportasi dengan menelpon call center, datang langsung ke terminal dan stasiun serta mencarinya di travel agent. Anda juga bisa membeli tiket pesawat dengan harga yang terjangkau, mengingat perjalanan pesawat sangat nyaman, cepat dan santai. Hampir semua maskapai penerbangan menawarkan harga yang bersaing dan banjir promo-promo untuk perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tak hanya transportasi, anda juga langsung menelpon hotel untuk menanyakan ketersediaan kamar kosong untuk menginap. Anda bisa membooking hotel lewat internet. Jika sudah penuh, anda bisa langsung mencari pilihan hotel lainnya di sekitar destinasi tujuan.

4. Hitung biaya perjalanan

Biasanya, harga kamar hotel atau tiket transportasi akan melonjak naik menjelang liburan akhir tahun. Rencanakan pengeluaran biaya perjalanan dengan matang. Simpan sebagian bujt jalan-jalan di bank dan sediakan uang tunai untuk memenuhi biaya tak terduga. Karena itu, anda harus menghitung dengan cermat biaya pengeluaran untuk transportasi, menginap, makan, hingga berbelanja suvenir. Jangan lupa untuk membawa daftar rincian tersebut saat anda berpergian.  Jangan sampai biaya perjalanan menguras isi dompet anda karena masih banyak kebutuhan anda selain jalan-jalan. Jika anda berpergian ke luar negeri, sediakan satu atau dua kartu kredit yang biasanya menyediakan fasilitas potongan harga dan jaminan asuransi.

5. Siapkan fisik

Saat liburan akhir tahun, anda akan jarang tidur karena banyak menghabiskan waktu di malam hari. Nah, jika anda tidak terbiasa tidur larut malam, maka badan akan mudah terserang sakit. Karena itu, ada baiknya anda menjaga kondisi fisik sebelum liburan akhir tahun. Lakukan olahraga kecil, makan, teratur, dan tidur yang cukup.

6. Cegah Anak Bosan dalam Perjalanan

Anak-anak cenderung merasakan bosan ketika jalan-jalan. Jika bosan, biasanya mereka akan rewel, mengeluh dan lebih temperamental. Jangan lupa membawa buku gambar dan krayon, stiker, permainan kartu atau permainan favorit mereka untuk menghindari rasa bosan.

7. Siapkan Kotak P3K

Selalu bawa kotak P3K yang berisi perlengkapan medis ringan mulai dari antiseptik, plester, termometer, obat luka sampai obat anti mabuk perjalanan. Anda bisa menaruhnya di tempat yang terjangkau.

8. Bawa Dokumen Penting
Buatlah rangkapan dokumen-dokumen penting seperti paspor (jika pergi ke luar negeri), informasi hotel tempat menginap dan kartu kredit. Buat dua rangkap, satu untuk anda saat di perjalanan dan satu lagi titipkan pada kerabat terdekat. Hal itu untuk membantu anda jika terjadi masalah serius selama perjalanan, seperti dokumen hilang atau kecelakaan.

About Adam Rizal

Check Also

Semangat Febrantonius Sinaga Hasilkan Karya Seni Jempolan!

Jakarta, NextID – Dalam berkarya di tengah Covid-19 ini tidak ada jurus lain, selain  harus …

Leave a Reply