Sunday , 1 August 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Makanan “Tolak” Nyeri Sendi
Ilustrasi nyeri sendi

Makanan “Tolak” Nyeri Sendi

Penderita rematik bisa meringankan rasa sakit pada sendi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Makanan bisa menjadi sumber penyakit dan obat bagi penyakit anda, bila anda tahu cara menggunakannya. Berikut beberapa makanan yang baik untuk meringankan sakit rematik seperti dilansir Boldsky, Kamis (24/9) :

1. Jahe

Jahe dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Jahe mengandung fitonutrien yang memiliki efek kuat terhadap kesehatan tubuh kita. Jahe memiliki efek anti-inflamasi yang baik untuk meringankan rasa sakit karena radang sendi.

2. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang daoat menurunkan peradangan dan membantu mengurangi nyeri karena osteoarthritis.

3. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan radikal bebas yang dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung senyawa oleocanthal. Senyawa itu bisa mencegah peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

5. Apel

Apel dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Buah itu mengandung boron yang merupakan mineral yang muncul untuk mengurangi risiko osteoarthritis.

6. Cabai

Cabai mengandung capsaicin. Senyawa itu dapat membantu menghasilkan panas dari dalam tubuh. Rasa panas itu dapat membantu menghambat rasa nyeri dengan mendorong sel-sel saraf tertentu.

7. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu ramuan tradisional yang dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Bawang putih mengandung belerang yang dapat meredakan nyeri dan gejala arthritis.

8. Ikan Salmon

Cara terbaik untuk menyembuhkan nyeri sendi adalah dengan makan ikan salmon. Salmon mengandung asam lemak Omega-3 yang dapat mengurangi resiko peradangan.

9. Mangga

Mangga dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Mangga dikemas dengan antioksidan yang kuat dan vitamin C.

10. Anggur

Salah satu buah terbaik untuk meringankan rasa sakit karena nyeri sendi adalah anggur. Anggur mengandung banyak protein yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

11. Pepaya

Buah ini merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit karena radang sendi. Pepaya mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik untuk keluhan nyeri sendi pada kaki.

12. Berry
Stroberi dan blueberry adalah makanan yang paling efektif untuk mengurangi nyeri sendi. Menurut Journal of American College of Nutrition, stroberi dan berry lainnya mengurangi protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, antioksidan pada buah, khususnya bioflavonoid bisa mengurangi sebagian besar nyeri sendi.

13. Kacang-kacangan
Kacang almond, kenari, dan beberapa biji-bijian seperti biji labu merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Anda lebih baik mengunyah camilan sehat daripada makan junk food.

Anda yang ingin mengusir rasa nyeri sendi bisa mencoba mengonsumsi makanan di atas. Jika anda mempunyai waktu, jangan lupa berjalan atau jogging secara teratur. Latihan yang efektif bisa mengontrol berat badan. Dehidrasi juga menjadi penyebab lain dari nyari sendi, jadi pastikan anda minum banyak air.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply