Home / LifeStyle / Leisure / Kemenpar Gelar Festival Lari BKT 5K

Kemenpar Gelar Festival Lari BKT 5K

Banjir Kanal Timur (BKT) merupakan daerah penampungan dan serapan air ini dibangun menyusuri kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Namun, saat ini fungsinya telah menjadi tempat rekreasi bagi warga Jakarta selain sebagai penangkal banjir.

Kanal dengan panjang 23,5 km ini telah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti jalur beraspal di kiri untuk sepeda dan kanannya untuk akses masyarakat umum, ditanami pepohonan, rumput, dan dibuat beberapa halte atau taman mini. Jalur ini membentang mulai dari Kebon Nanas, Jakarta Timur Pantai Marunda, Jakarta Utara.

Melihat perkembangan ini dan untuk mendongkrak pariwisata di wilayah pinggiran Jakarta dan sekitarnya, Kementerian Pariwisata dengan didukung Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI), Kota administrasi Jakarta Timur, dan Inspiro menggelar lomba lari (fun run) Jakarta Banjir Kanal Timur (BKT) 5K Festival 2015 pada Minggu (27/9) nanti.

“Acara ini diharapkan dapat mewujudkan BKT menjadi obyek wisata seperti olahraga, kuliner, dan area wisata sungai. Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan ini sebagai sebuah terobosan untuk memanfaatkan BKT sebagai obyek wisata,” kata Kepala Bidang Promosi Wisata Buatan Kementerian Pariwisata, Hendri Karnoza saat Jumpa Pers “Jakarta BKT 5K Festival: Menuju Wisata Sungai di Wilayah DKI Jakarta” di Balairung Soesilo Soedirman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

Hendri juga mengatakan, “BKT 5K Festival ini merupakan penyelenggaraan lomba lari pertama di daerah BKT yang juga akan diramaikan dengan kuliner dan sentra UKM. Tahun depan akan diusahakan ada kegiatan yang mendukung wisata sungai”.

Lomba lari BKT ini akan menjadi embrio untuk lari Jakarta Maraton pada Oktober mendatang. “Kami berharap sekitar 1.000 orang pelari akan ikut serta dan dan menarik 1.000 orang masyarakat pengunjung yang bukan pelari. Kita targetkan 1.000 pelari dan 1.000 non pelari, hingga 2.000 orang akan tumpah ruah menghadiri pesta rakyat ini,” katanya.

Wakil dari BPPI, Fathul Bahri, mengatakan, “Lari sepanjang 5 kilometer ini mengitari area BKT, dengan area start lari berada di pintu air BKT Jalan Jenderal RS Soekanto.”

BKT di sisi di Jakarta Timur dianggap cukup bagus untuk digunakan olahraga lari, cocok sebagai embrio acara lari di Jakarta, serta menjadi start awal misalnya menjadi sertifikat sebelum mengikuti Jakarta Marathon.

“Event ini diharapkan sebagai embrio untuk menjadikan BKT destinasi wisata. Warga Jakarta dapat melihat destinasi wisata sungai,” kata Presiden Director & CEO Inspiro Grup, Ndang Mawardi.
Ndang mengatakan, “Lomba lari ini tidak dipungut biaya, selain dimeriahkan dengan puluhan bazaar multi produk, entertainment, juga akan ada door prize.Kategori lari dibagi menjadi kategori pria dan wanita dengan hadiah Juara I Rp3.500.000, Juara II Rp2.500.000, dan Juara III Rp1.500.000.”

Kategori anak-anak, yakni usia 13-15 tahun akan mendapatkan Juara I Rp 2.500.000, Juara II Ro 1.500.000, dan Juara III Rp 1.000.000.

About Job Palar

Check Also

Bersama Grand Vitara, Liburan Lebaran Menjadi Stylish

Jakarta, NextID -Jelang libur lebaran tahun ini, diperkirakan tradisi mudik ke kampung halaman akan tetap …

Leave a Reply