Home / Auto / Asyik, Distribusi Jimny 5-door Berjalan Lancar
dr. Wedo (50), seorang dokter Obgyn yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah, tersenyum senang karena sudah menerima mobil impiannya. Ist

Asyik, Distribusi Jimny 5-door Berjalan Lancar

Jakarta, NextID – Telah genap dua bulan sejak diluncurkan pada medio Februari lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus melanjutkan komitmennya untuk melakukan proses distribusi yang tepat waktu dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan Jimny 5-door di Tanah Air. Jimny 5-door mendapatkan atensi yang masif dari para pecinta otomotif Indonesia hingga mencetak penjualan yang memukau dalam waktu yang relatif singkat.

SIS mengkonfirmasi bahwa para pelanggan merasa puas karena waktu pengiriman yang tergolong cepat dan performa Jimny 5-door dapat diandalkan saat digunakan ke medan menantang seperti perkebunan dan pegunungan.

Menurut Harold Donnel, 4W Marketing Director SIS, Suzuki Indonesia terus berupaya untuk menjaga proses distribusi dan mengupayakan pelayanan terbaik untuk menjamin kepuasan pelanggan setianya. “Jimny memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia, dan Suzuki kembali menghadirkan kendaraan untuk memuaskan pasar Indonesia. Kami sudah mulai melakukan distribusi secara serempak ke berbagai daerah di Indonesia tepat setelah unit ini diluncurkan pada Februari 2024 lalu,” ungkap Harold.

Setelah unit sampai ke tangan konsumen, beberapa konsumen yang telah menerima Jimny 5-door mengaku sangat senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Suzuki Indonesia. Melalui lima pelanggan yang berhasil diwawancarai oleh tim Suzuki, mereka mengungkapkan kegembiraannya setelah mencoba langsung unit Jimny 5-door untuk aktivitas di daerah masing-masing sebagai berikut:

Agustinus pun tampak bahagia karena tak disangka Jimny 5-door sudah ditangannya. Ist

Proses Mudah dan Ketersediaan yang Cepat

Sejak resmi mengumumkan penerimaan inden secara serentak pada bulan Desember 2023 lalu, seluruh jaringan dealer Suzuki yang tersebar dari Sabang hingga Merauke menerima sambutan baik dari para pelanggan. Menurut cerita yang dibagikan beberapa pelanggan pertama Jimny 5-door, mereka memang merupakan pecinta otomotif, khususnya mobil 4×4, dan telah lama memantau informasi tentang Jimny 5-door di luar negeri.

“Saya dulu anggota komunitas Jimny, pernah punya Jimny 3-door dan saat kuliah menggunakan Katana sebagai mobil harian. Sebenarnya saya sudah memantau Jimny 5-door ini sejak 2021, dan menantikan kehadirannya di Indonesia. Kemudian setelah ada kabar inden saya langsung pesan, ternyata dilayani dengan baik dan unit juga langsung sampai di bulan Februari,” tutur dr. Wedo (50), seorang dokter Obgyn yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah,

Bersamaan dengan tingginya antusiasme pasar dan komitmen terhadap ketersediaan unit, SIS telah mengumumkan bahwa proses distribusi telah dimulai sejak peluncuran Jimny 5-door dilakukan. Pada minggu yang sama, konsumen batch pertama di seluruh Indonesia telah menerima produk dan sudah bisa menggunakannya. Seperti Agustinus (48 tahun) yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara. “Saya tahu informasi pemesanan dari teman-teman di komunitas Jimny. Tanpa pikir panjang saya langsung lakukan pemesanan, dan di minggu yang sama dengan peluncuran itu sudah langsung dapat produk. Cepat sekali,” ungkapnya senang.

Untuk memastikan unit secara serempak tersedia di seluruh wilayah Indonesia, pengiriman untuk Indonesia Bagian Timur dilakukan lebih awal sehingga unit sudah tersedia pada bulan Februari. Untung Mulyono (45 tahun) yang berasal dari Manokwari, Papua Barat,  menyatakan kegembiraannya. “Saya sudah punya Jimny 3-door dan dulu keluarga juga pernah punya Suzuki Caribian. Kemudian baca di media akan ada unit Jimny 5-door yang masuk ke Indonesia, saya terus pantau informasinya. Ketika pengumuman resmi sudah keluar, saya langsung datang ke dealer Suzuki di Manokwari untuk pesan, dan unit di bulan Februari saya sudah terima produknya.”

Yoga Nirmolo (48 tahun) yang tinggal di Jakarta Selatan menyampaikan kepuasannya,

Otentik dan Lebih Praktis

Desain Jimny 5-door berhasil memenuhi ekspektasi para penggemarnya karena tetap mengusung bentuk dan lekuk garis bodi otentik milik model terdahulunya. Yoga Nirmolo (48 tahun) yang tinggal di Jakarta Selatan menyampaikan kepuasannya, “Saya itu seorang classic car enthusiast. Mobil pertama saat saya belajar menyetir pun Jimny SJ410. Kemudian saat tahu Jimny 5-door mengusung desain yang khas karakter Jimny, saya jadi yakin harus jadi orang pertama yang punya (mobil ini). Terlebih kini sudah 5 pintu, jadi saya rasa ini adalah definisi dari mobil paket komplit karena menjadi mobil hobi tapi sekaligus juga mobil keluarga,”paparnya.

Desain Jimny 5-door dengan penyematan pintu pada baris kedua semakin memudahkan penumpang. Di samping mobil hobi, beberapa pengguna juga memakainya sebagai mobil keluarga untuk berlibur. Misalnya seperti MM (44 tahun) dari Banjarmasin, Kalimantan Tengah. “Saya sudah pakai mobil ini di jalan menantang dan rasanya sangat stabil. Fitur-fitur keamanannya pun berfungsi dengan sangat baik, ditambah dengan ruang yang lega untuk bawa keluarga. Saya sudah berencana untuk pergi berlibur dengan keluarga menggunakan Jimny 5-door ini karena untuk mencapai ke daerah-daerah wisata di Kalimantan rasanya jadi lebih percaya diri,” bebernya.

Performa Terjamin

Dengan kekayaan karakteristik medan jalanan di Indonesia, Jimny 5-door membuktikan dirinya layak untuk menjadi mobil andalan para penggunanya. Untung Mulyono, salah satu pelanggan dari timur Indonesia bercerita bagaimana fitur dan ketangguhan Jimny 5-door menyusuri daerah pegunungan Papua Barat dengan sangat memuaskan.

Untung Mulyono, konsumen dari Papua menyatakan kepuasannya atas pelayanan dealer Suzuki di Papua. Ist

“Untuk kerja dan kehidupan sehari-hari di sini mobil 4×4 itu sudah seperti kebutuhan. Setelah unit sampai, kurang lebih selama dua bulan pemakaian untuk kegiatan seperti berkebun, ke hutan, dan memancing, performa Jimny 5-door memang sudah tidak diragukan lagi mampu untuk melewati medan perjalanan di Manokwari yang banyak daerah pegunungan dan tanjakan. Bahkan dengan kondisi full penumpang dan barang mobil masih kuat untuk menanjak dan stabil,” ungkap Untung. 

Hal serupa juga disampaikan Agustinus yang mencoba langsung performa Jimny 5-door dalam mobilisasi pekerjaannya di daerah Sumatera Utara dan Sumatera Barat. “Sebagai pecinta offroad, sudah lama saya mengincar mobil ini. Saya merasa sangat cocok sekali dengan kebutuhan, baik untuk hobi maupun untuk kendaraan harian bekerja. Kalau dari mesin saya sudah tidak ragu lagi pada Suzuki, kini sudah ada ribuan kendaraan angkutan umum di bisnis saya berasal dari Suzuki,” jelasnya.

Menilik lebih dalam tentang pengalaman Agustinus, dia menjelaskan bahwa Jimny 5-door sangat nyaman ketika digunakan untuk perjalanan jauh dengan kecepatan 120 km/jam. “Sejauh ini saya menggunakan Jimny 5-door masih untuk perjalanan yang semi menantang, tapi sebelumnya saya bawa mobil ini untuk dinas ke Sumatera Barat dengan kecepatan jalan 120 km/jam mobil tetapstabil, dan di medan semi offroad saya merasa suspensinya luar biasa sekali. Jadi saya rasa pengalaman berkendara dengan Jimny 5-door ini sangat memuaskan,” tambah Agustinus.

Tenaga pelayan yang informatif dan komunikatif

MM mengungkapkan rasa bahagianya ketika dihubungi oleh wiraniaga Suzuki mengenai produk yang dipesan telah tersedia. “Menurut pengalaman saya sendiri, sales Suzuki di Banjarmasin sangat aktif memberikan informasi terbaru ke pelanggan secara terus menerus. Bahkan informasi tersebut tidak perlu saya tanyakan terlebih dahulu. Jadi saya selalu mendapat update terbaru. Sehingga saya bisa memantau perkembangan dari proses inden Jimny 5-door hingga produk datang saat itu,” ujar MM.

MM (44 tahun) dari Banjarmasin, Kalimantan Tengah, juga tampak senang, terlihat dari senyumnya. Ist

“Kami sungguh berterima kasih atas antusiasme masyarakat dan berupaya memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi. Hingga akhir Maret 2024 lalu kami telah mendistribusikan unit Jimny 5-door lebih banyak dari jumlah yang telah ditargetkan, bahkan menembus 2 kali lipat dari estimasi awal yang hanya 200 unit. Pengiriman unit ke pelanggan masih terus berlanjut di berbagai daerah di Indonesia pada bulan April ini,” tutup Harold.

About Gatot Irawan

Check Also

Salam Kenal dari NETA GT

Jakarta, NextID – PT NETA Auto Indonesia memperkenalkan NETA GT –  sports car listrik yang diklaim berhasil mencuri …

Leave a Reply