Sunday , 8 September 2024
Home / Auto / Segarnya Direksi Baru Astra Honda Motor!
Thomas Wijaya kini sebagai Executive Vice Presideng Director PT Astra Honda Motor yang baru, menggantikan Johannes Loman. Ist

Segarnya Direksi Baru Astra Honda Motor!

Jakarta, NextID – Momen Buka Bersama yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) pada Senin (10/4) di Jakarta menjadi penting karena perubahan direksi AHM resmi diumumkan. “Jajaran manajemen baru AHM mulai diganti per awal April 2023,” ucap Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.

Bahwa ada gosip Johannes Loman “tersingkir” dan naiknya Thomas Wijaya memang menjadi berita kesimpangsiuran soal direksi baru AHM. Tetapi gosip itu akhirnya menjadi terang benderang. Tetapi yang selalu menarik, sejarah bisnis sepeda motor nasional diramalkan bakal masih dikuasai merek berlambang “Sayap Kepak” itu.

Lho mengapa? Selain karena AHM memiliki ekosistem bisnis yang rapih, juga didukung oleh orang-orang lama yang memang piawai di bidangnya. Sebut saja, Thomas Wijaya yang sebelumnya sebagai Direktur Marketing AHM kini dipercayakan sebagai Executive Vice President Director (EVPD) AHM, menggantikan Johannes Loman yang kini berkiprah sebagai Komisaris AHM.

Dan tentu Thomas Wijaya tak sendirian. Pasukannya diperkuat oleh “penguasa perang” di sektor roda dua yakni Octavianus Dwi Putro. Ya, beliau ini sebelum menjabat Direktur Marketing AHM yang baru, sudah “karatan di bisnis sepeda motor sebagai  Chief Operating Officer PT Astra International Tbk – Honda Sales Operation (CEO Astra Motor).

Octavianus Dwi Putro, mantan CEO Astra Motor kini menjabat Director Marketing AHM. Ist

“Saya berterima kasih karena diberikan kesempatan baru sebagai EVPD di AHM. Kebetulan saya bergabung di Astra International sejak 2002. Saya bergabung sudah lebih dari 20 tahun,” ujar Thomas memberikan sambutan, di mana pertama kali bergabung dengan grup Astra pada tahun 2002, di antaranya lima tahun pertama berada di PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Melanjutkan cerita, Thomas di AHM mulai dari 2007 sampai 2023. Kemudian barulah di 2023 ini diberikan tugas tanggung jawab baru sebagai EVPD. “Saya melanjutkan apa yang sudah dicanangkan ataupun yang sudah dibangun oleh Pak Johannes Loman,” kata Thomas.

Sementara itu Johannes Loman – menurut penjelasan – sudah menjabat sebagai Executive Vice President Director AHM sejak 2009 silam dan masih berstatus sebagai salah satu Board of Director di PT Astra-International Tbk, yang juga kini menjabat sebagai Komisaris AHM.  

Pak Jo panggilan akrab Johannes Loman bukanlah orang asing di mata jurnalis. Dia memang senior yang sudah lama di Astra sejak 1984. Pernah menjabat  Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan AHM. Juga pernah menjadi Wakil Presiden Komisaris PT Astra Otoparts Tbk

Inilah Susumu Mitsuishi, President Director AHM yang baru. Ist

Ini yang luput dikisahkan karena tak hadir orangnya di acara Buka Bersama. “Kami juga memiliki President Director yang baru menggantikan Keiichi Yasuda, yakni Susumu Mitsuishi, yang sebelumnya sebagai President Honda Philippines, Inc. (HPI),” beber Ahmad Muhibbuddin.

Kedua petinggi baru AHM ini akan memimpin perusahaan yang saat ini memiliki kapasitas produksi 5,8 juta unit sepeda motor Honda per tahun dengan karyawan 24.706 orang efektif per 1 April 2023.

Mitsuishi dan Thomas secara resmi menahkodai AHM setelah ditetapkan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan yang dilaksanakan pada 20 Maret 2023. RUPS AHM juga menetapkan Octavianus Dwi Putro sebagai Direktur Marketing AHM, yang akan bekerja bersama Tetsuya Komine yang sebelumnya sudah menjalankan tugas sebagai Direktur Marketing AHM.

Johannes Loman (kedua kiri) saat menjabat di PT Astra Daihatsu Motor. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS Kini Lebih Gagah dan Sakti  

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with …

Leave a Reply