Home / Auto / Pereli TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Juara Pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022
GR Yaris AP4 yang dikemudikan oleh Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan cepat sejak bendera start dikibarkan. Ist

Pereli TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Juara Pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022

Medan, NextID – Setelah berhasil meraih P1 Overall di kejuaraan nasional (Kejurnas) Sprint Rally 2022 di Malang, Jawa Timur, 2 minggu lalu, tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) kembali menuai kesuksesan dengan meraih juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (5 – 7 Agustus 2022).

Hasil positif tersebut membuat pasangan pereli TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto yang didukung oleh hot hatch GR Yaris sesuai dengan regulasi AP4 (Asia-Pacific 4WD), memimpin di Kejurnas Rally Indonesia 2022.

“Selamat kepada tim TGRI. Kesempatan untuk menghadirkan GR Yaris sebagai Pure GR yang membawa DNA motorsport Toyota dari ajang balap rally dunia WRC, memberikan kami peluang untuk meraih hasil positif dari lintasan rally di Sumatera Utara yang terkenal keras dan sulit ditaklukkan,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, senin (8/8).

Satu persatu special stage dilalui oleh pereli TGRI dengan torehan waktu tercepat hingga hari Minggu (7/8). Ist

Menurutnya, kerjasama mereka solid. Dengan semangat pantang menyerah, pembalap dan engineer TGRI bahu-membahu berjuang bersama-sama menaklukkan trek sepanjang 333,86 kilometer yang sangat menantang sekaligus membawa pulang gelar juara pertama. “Hasil positif ini akan terus kami pertahankan di seri berikutnya,” imbuh Anton.

Lintasan rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli, Simalungun pernah menjadi lokasi untuk event motorsport internasional, yakni sebagai trek special stage (SS) World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996 dan 1997, serta kejurnas rally pada tahun 2007, 2019 dan 2021. Di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022, seluruh peserta menempuh jarak total sepanjang 333,86 km yang terbagi dalam 7 SS yang terbentang di kawasan Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

Tampil All-out

GR Yaris AP4 yang dikemudikan oleh Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan cepat sejak bendera start dikibarkan. Hot hatchback ini langsung mencatatkan waktu tercepat pada sesi shakedown di hari Jumat (5/8) dengan catatan waktu tercepat 03:54.7.

Lanjut ke hari Sabtu (6/8), GR Yaris AP4 begitu andal ketika mendukung pereli TGRI saat melibas trek tanah di area perkebunan. Satu persatu special stage dilalui oleh pereli TGRI dengan torehan waktu tercepat hingga hari Minggu (7/8). Alhasil, tim TGRI berhasil mengamankan juara pertama dengan total waktu tercepat 1:56:07.2, unggul lebih dari 2,5 detik dari rivalnya yang berada di posisi kedua.

“Saya dan Adi sangat bersyukur karena tim TGRI dapat menemukan setting terbaik pada GR Yaris AP4 sehingga kami dapat memaksimalkan performanya untuk meraih juara pertama di ajang ini. Jujur track-nya tidak hanya menantang, tapi juga sangat panjang di mana durabilitas dari GR Yaris AP4 pun diuji sehingga menuntut kami untuk tetap fokus saat mengemudikannya dalam melalui 7 special stage. Ke depan kami akan terus memberikan yang terbaik untuk tetap memimpin dan meraih gelar juara nasional bersama tim TGRI,” harap pembalap TGRI Ryan Nirwan.

GR Yaris yang digunakan oleh pereli TGRI telah dimodifikasi dengan merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4). Ist

Rekam jejak Yaris di ajang WRC semakin menguat sering dengan keberhasilan TOYOTA GAZOO Racing meraih gelar juara umum pembalap dan konstruktor di tahun 2021 lalu. DNA motorsport tersebut diturunkan kepada GR Yaris karena dibuat untuk memenuhi aturan homologasi sebagai syarat berlaga di kompetisi WRC. Diciptakan mulai dari nol menggunakan metode reverse engineering, GR Yaris hadir sebagai kendaraan perkotaan yang fun to drive dengan handling dan performa tangguh khas mobil rally.

Menurut Marketing Director TAM Fumitaka Kawashima, GR Yaris yang digunakan oleh pereli TGRI telah dimodifikasi dengan merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4) agar dapat berlaga di kelas M1 (Sedan All Wheel Drive) kategori A.

Mobil ini telah memperoleh pengembangan teknis yang membuatnya lebih ringan dengan adanya pengurangan bobot di beberapa area, lebih aerodinamis dengan penyematan body kit yang gagah dan fungsional, serta lebih responsif berkat sentuhan pada mesin dan transmisi all wheel drive (AWD). Bersama GR Yaris AP4, kami yakin pereli dan tim TGRI dapat terus memimpin dan meraih gelar juara nasional di musim ini,” ujarnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply