Home / Auto / Balancer Shaft, Peredam Getar Mesin SUV Peugeot 2008
Mesin Peugeot 2008 didukung Balancer Shaft.sehingga rmesin 3 silindernya tak bergetar dan lembut, namun bertenaga. Ist

Balancer Shaft, Peredam Getar Mesin SUV Peugeot 2008

Jakarta, NextID – Astra Peugeot hadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) Premium Kompak Peugeot 2008 pada awal tahun 2022. Performa Peugeot 2008 mengusung mesin 3-silinder, berkapasitas 1.2 liter Turbo Puretech, bertransmisi otomatis 6-percepatan, menghasilkan tenaga hingga 130 PS dengan torsi puncak mencapai 230 Nm.

Anggapan konfigurasi mesin tiga silinder menghasilkan vibrasi lebih kuat dibanding mesin bersilinder genap, terbantahkan. Sederhananya, getaran muncul karena jumlah silinder tidak imbang dan tidak ada silinder lawan untuk mengimbangi. Dengan mesin 3 silinder segaris kebanyakan pakai sudut putaran sebesar 120° agar putaran seimbang.

Kendala lain suara mesin terdengar lebih kasar sehingga suara sangat terasa di dalam kabin. Selain itu mesin tiga silinder terasa kurang berperforma di putaran atas. Tidak heran, ada asumsi kalau mesin 3-silinder kurang cocok untuk diajak bepergian jarak jauh. Namun konsumen tidak perlu khawatir, apalagi Peugeot sudah mempertimbangkan hal itu dan selalu menjunjung tinggi tingkat kenyamanan, juga keselamatan selain performa.

“Getaran mesin serta fenomena yang terjadi di mesin 3 silinder telah tereduksi dengan teknologi unggulan kami. Caranya adalah dengan menambah ‘Balancer Shaft’ di dalam mesin,” terang  Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot, Jumat (17/6).

Getaran mesin serta fenomena yang terjadi di mesin 3 silinder telah tereduksi dengan teknologi unggulan Peugeot. Ist

Untuk menghilangkan vibration mode yang disebabkan oleh pembakaran mesin 3 cylinder maka ditambahkan ‘Balancer Shaft.’ Fungsi komponen ini sendiri berputar berlawanan dengan crankshaft dan digerakkan oleh gears. Karena perampingan yang kuat dan tingkat asiklisme yang tinggi dari 3 silinder, penggerak poros ini sulit disetel karena suara roda gigi yang bunyi berderak.

“Optimalisasi ini dilakukan melalui tiga langkah, yaitu mengurangi asiklisme level dari gear pada crankshaft. Lalu fine tuning damper pulley serta Optimization desain roda gigi. Sehingga desain yang inovatif dari damped gear pada balancer shaft mampu mengurangi lebih dari 50% nilai dynamic torque pada roda gigi,” imbuh Samsudin.

Melalui teknologi ini maka mesin tiga silinder Peugeot 2008 jadi pilihan terbaik untuk SUV Kompak premium masa kini. Ukuran mesin yang kecil, biaya produksi terjangkau dan perawatan lebih mudah jadi hal yang dicari. Konsumen pun diuntungkan karena bisa membeli mobil dengan harga terjangkau dan hemat perawatan rutin.

“Dengan adanya Balancer Shaft, performa tetap beraksi pada putaran atas. Pasokan tenaga dari Turbo Puretech diklaim mampu membuat mobil siap diajak berkelana jarak jauh tanpa kendala,” tutup Samsudin.

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply